10 Tips Membersihkan Bekas Jerawat Yang Direkomendasikan Oleh Dokter Kecantikan

ePortal.web.id – Bagi orang berkulit berwarna, jerawat sering kali disertai bintik hitam atau bercak yang disebut hiperpigmentasi. Untungnya, ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh orang-orang berkulit berwarna di rumah untuk membantu membersihkan jerawat mereka, serta bintik-bintik hitam yang tertinggal setelahnya. Istilah “kulit warna” mengacu pada jenis dan corak kulit yang beragam. Ini mencakup orang-orang keturunan Afrika, Asia, Latin, Mediterania, Timur Tengah, dan Amerika Asli. Orang yang memiliki kulit berwarna memiliki beberapa masalah perawatan kulit yang sama. Di dekat bagian atas daftar ini adalah cara menghilangkan jerawat dan flek hitam yang sering muncul saat jerawat hilang. Rahasia untuk melihat kulit yang lebih bersih terletak pada mengetahui apa yang benar-benar berhasil (dan apa yang tidak) dalam hal merawat jenis kulit yang lebih gelap. Di bawah ini Anda akan menemukan 10 tips yang menurut sains dapat membuat kulit lebih bersih.

  1. Atasi jerawat dan flek hitam.

Banyak orang mencari pertolongan dokter kulit untuk bintik hitam, yang bisa bertahan lebih lama daripada jerawat. Sangat penting untuk merawat jerawat juga. Saat Anda menghilangkan jerawat, Anda menghilangkan penyebab flek hitam.

  1. Mencegah flek hitam dan bekas luka dengan mengobati jerawat sejak dini.

Studi menunjukkan bahwa mengobati jerawat saat baru dimulai dapat mencegah jerawat semakin parah. Jika jerawat memburuk, menjadi sedang hingga parah sebelum perawatan dimulai, orang dengan kulit berwarna memiliki risiko lebih tinggi untuk berkembang: Seperti Bercak dan bercak kulit yang lebih gelap, Keloid, sejenis bekas luka yang menonjol

  1. Gunakan produk jerawat yang cocok untuk warna kulit.

Tidak semua produk jerawat bekerja dengan baik pada warna kulit. Jika Anda mencari produk untuk mengobati jerawat ringan, ahli kulit menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung satu atau beberapa bahan berikut. Retinoid dan benzoil peroksida: Ini berarti membeli dua produk yang berbeda, tetapi kombinasi ini bekerja dengan baik pada warna kulit. Retinoid membantu membuka pori-pori dan mengurangi peradangan. Dapat membersihkan jerawat, komedo, dan komedo putih. Retinoid juga dapat mencegah munculnya jerawat baru. Benzoyl peroxoide dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Jika Anda khawatir tentang hal itu menyebabkan bintik-bintik cahaya pada kulit Anda, jangan. Itu mitos. Tidak akan. Namun, ini akan memutihkan pakaian, seprai, sarung bantal, dan handuk.

Baca juga :  7 Vitamin Dan Suplemen Terbaik Untuk Dikonsumsi Untuk Jerawat Membandel

Untuk mencegah benzoyl peroxide mengiritasi kulit Anda, mulailah dengan produk yang mengandung 2,5% benzoyl peroxide. Produk yang mengandung lebih banyak dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas, yang dapat memperparah jerawat. Jika produk 2,5% mengiritasi kulit Anda, coba gunakan dua hari sekali.

JANGAN POP PIMPLES

Jika Anda memetik, memecahkan, atau memencet jerawat, Anda meningkatkan risiko timbulnya bekas luka.

Asam salisilat: Bahan aktif ini membantu membuka pori-pori dan mencegah munculnya jerawat baru.

Retinol: Ini dapat membuka pori-pori dan memudarkan bintik hitam.

Anda akan menemukan benzoil peroksida, asam salisilat, atau retinol dalam produk jerawat yang dapat Anda beli tanpa resep dokter. Retinol adalah sejenis retinoid. Retinoid lain yang mungkin membantu adalah gel adapalen 0,1%. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah menyetujuinya (nama merek Differin gel), untuk dijual tanpa resep.

  1. Lakukan beberapa perubahan jika jerawat hanya muncul di dahi dan pelipis.

Jika jerawat hanya muncul di area ini, minyak rambut Anda mungkin penyebabnya. Ini sangat umum sehingga sebenarnya ada namanya jerawat pomade. Anda mungkin bisa menghilangkan jerawat ini dengan melakukan beberapa perubahan. Pilihan yang direkomendasikan oleh ahli dermatologi kepada pasien jerawat mereka meliputi:

  • Ganti produk perawatan rambut, menggunakan produk yang mengandung air atau gliserin sebagai pengganti minyak.
  • Gunakan minyak rambut hanya di tengah kulit kepala dan ujung rambut Anda.
  • Jika Anda terus berjerawat, pilihan lain adalah berhenti menggunakan produk perawatan rambut ini.
  1. Gunakan produk perawatan kulit yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda.
Baca juga :  5 Jenis Vitamin Yang Diperlukan Agar Kulit Tetap Sehat

Seperti minyak rambut, produk perawatan kulit Anda dapat menyebabkan munculnya jerawat. Jika Anda mengoleskan produk yang mengandung minyak seperti cocoa butter atau shea butter ke wajah, punggung, atau dada, pori-pori Anda bisa tersumbat. Pori-pori yang tersumbat bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk mencegah produk perawatan kulit menyebabkan jerawat, gunakan hanya produk yang berlabel “non-comedogenic” atau “tidak akan menyumbat pori-pori”.

Mentega kakao

Sama sekali tidak ada bukti ilmiah bahwa cocoa butter dapat meratakan warna kulit Anda, namun dapat menyebabkan jerawat.

  1. Berhenti menggunakan riasan tebal dan berminyak untuk menutupi noda hitam.

Meskipun banyak wanita menganggap ini cara yang efektif untuk menyembunyikan noda, mereka sering tidak menyadari bahwa ini juga menyebabkan noda baru. Anda boleh menggunakan riasan jika Anda memilih riasan mineral atau yang bertuliskan “non-comedogenic”. Riasan mineral dapat menyembunyikan bintik hitam dengan baik.

  1. Bersikaplah lembut dengan kulit Anda.

Apakah Anda menggosok wajah untuk membantu menghilangkan noda jerawat? Apakah Anda yakin bahwa memencet jerawat atau menggunakan sabun yang kuat akan membuat kulit lebih bersih? Meski sulit dipercaya, kenyataannya hal-hal ini justru memperburuk jerawat. Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa yang benar-benar ampuh untuk membersihkan jerawat adalah perawatan kulit yang lembut. Saat merawat kulit berjerawat, Anda ingin:

  • Gunakan pembersih ringan yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda. (Label mungkin mengatakan “tidak akan menyumbat pori-pori” atau “non-komedogenik”.)
  • Oleskan pembersih dengan lembut dengan ujung jari Anda, dan gunakan hanya ujung jari Anda untuk mencuci dan membilas wajah Anda.
  • Tepuk-tepuk kulit Anda dengan lembut menggunakan handuk bersih.
  1. Cuci topi dan sarung bantal sesering mungkin.
Baca juga :  5 Manfaat Masker Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Mengenakan topi baseball atau apa pun di kepala Anda tanpa mencuci (atau dry cleaning) dapat menyebabkan keringat, kotoran, dan minyak menumpuk. Ini bisa menyebabkan jerawat kambuh.

  1. Temui dokter kulit sebelum menggunakan semua jenis pengelupasan kimiawi, mikrodermabrasi, atau terapi laser untuk mengobati jerawat Anda.

Jika Anda memiliki kulit berpigmen gelap, perawatan jerawat versi rumahan pun dapat menyebabkan efek samping seperti noda hitam permanen dan bintik terang. Namun, di tangan kanan, perawatan ini bisa efektif untuk mengatasi jerawat pada kulit berwarna. Jika Anda memikirkan salah satu perawatan ini, Anda harus menemui dokter spesialis perawatan kulit, seperti dokter kulit. Dokter kulit harus sering menggunakan perawatan ini pada orang yang memiliki warna kulit. Pastikan untuk menanyakan berapa banyak orang dengan warna kulit yang telah dirawat dokter.

  1. Lakukan Pengobatan Medis Dan Berkonsultasi Ke Dokter

Dengan bantuan dokter kulit, hampir semua kasus jerawat dan sebagian besar flek hitam dapat berhasil diobati. Beberapa orang membutuhkan obat resep. Yang lain membutuhkan kombinasi perawatan yang spesifik. Seorang dokter kulit dapat memeriksa kulit Anda dan membuat rencana perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apa yang kamu tunggu? Cobalah salah satu tip berikut hari ini. Bagaimanapun, sains menunjukkan ini benar-benar berhasil.