14 Tips Mengatasi Jerawat Yang Sudah Terbukti Ampuh

ePortal.web.id – Noda yang memalukan dapat menimpa semua orang — mulai dari siswa kelas delapan hingga insinyur. Meskipun jerawat bukanlah ancaman kesehatan yang serius, jerawat sangat penting dalam arti emosional dan sosial. Jika Anda memiliki jerawat, seringkali Anda kurang percaya diri, dan ini dapat mempengaruhi kehidupan sosial Anda atau bahkan produktivitas Anda di tempat kerja. Mempelajari cara menghentikan jerawat sebelum terjadi adalah kunci untuk mengendalikan jerawat.

Jerawat adalah masalah peradangan kulit yang disebabkan oleh satu atau lebih dari tiga hal:

  • Penyumbatan folikel rambut
  • Fluktuasi hormon yang menyebabkan tubuh mengeluarkan minyak berlebih
  • Infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan
  • Tingkat keparahan jerawat dapat berkisar dari komedo dan komedo putih hingga kista.

Hampir 85 persen orang berusia antara 12 dan 24 tahun mengalami jerawat. Mengapa beberapa orang mengalami jerawat parah sementara yang lain hampir tidak memiliki jerawat tidak sepenuhnya jelas. Tapi genetika dan pengaruh lingkungan jelas berperan.

Cara mendapatkan kulit yang lebih bersih

Semua perawatan untuk jerawat ditujukan untuk mencegah peradangan dan mengurangi jerawat sebelum terjadi. Claudia Hernandez, MD, dokter kulit di Rush University Medical Center, menawarkan 12 tips ini untuk membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih bersih dan menghilangkan noda saat muncul:

Baca juga :  Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan Kulit Agar Menjadi Segar dan Sehat

1. Jaga kebersihan wajah Anda.

Cuci muka Anda sekali atau dua kali sehari dengan pencuci muka benzoil peroksida yang dijual bebas. Ini mengurangi peradangan dan membunuh bakteri yang terkait dengan pembentukan jerawat. Dan pastikan untuk menghapus semua riasan dan kotoran agar tidak menumpuk dan menyumbat pori-pori Anda. Efek samping benzoil peroksida yang sangat jarang adalah dermatitis kontak alergi, jadi hentikan penggunaan pencuci muka jika Anda mengalami ruam baru.

2. Jangan menggosok dengan waslap

Gunakan tangan untuk membersihkan wajah, dan tepuk-tepuk kulit hingga kering dengan handuk bersih alih-alih menggosoknya hingga kering. Scrubbing sebenarnya dapat meningkatkan lebih banyak jerawat.

3. Makan makanan yang sehat.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa cokelat dan makanan berminyak memperburuk jerawat, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat menghasilkan penurunan jerawat. Buat buku harian makanan untuk menentukan apakah makanan tertentu memicu jerawat Anda. Makan makanan sehat secara keseluruhan selalu merupakan saran yang baik, dan itu juga dapat membantu kulit Anda tetap bersih.

4. Jangan abaikan rambut Anda.

Jika Anda memiliki rambut berminyak, Anda mungkin perlu keramas lebih sering daripada orang yang memiliki rambut kering. Menjaga rambut Anda tetap bersih – dan tidak menutupi wajah Anda – akan membantu mencegah jerawat di dahi dan wajah. Beberapa produk rambut, termasuk pomade dan gel, dapat memperburuk jerawat. Jadi, jika Anda memiliki jerawat di dahi dan cenderung menggunakan banyak produk rambut, pertimbangkan untuk menghindarinya. Ikat kepala yang menutupi dahi Anda juga dapat memicu timbulnya jerawat, dengan cara menahan keringat.

Baca juga :  Masker Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

5. Mandi dan cuci muka segera setelah berolahraga.

Keringat menempel di wajah Anda dan mungkin mengandung bakteri penyebab jerawat. Untuk jerawat punggung dan dada, coba gunakan pencuci benzoil peroksida saat mandi. Ingat saja peroksida dapat memutihkan linen Anda, jadi gunakan handuk putih dan waslap, dan pastikan Anda benar-benar kering sebelum berpakaian.

6. Gunakan pelembab dan tabir surya yang khusus dibuat untuk wajah.

Lotion yang dirancang untuk tubuh lebih berat dan dapat menyumbat pori-pori. Cari produk dengan gliserin dan asam hialuronat, yang menahan kelembapan di kulit, dan produk berlabel “non-komedogenik” yang artinya tidak menyebabkan jerawat. Tidak peduli apa, bagaimanapun, selalu memakai tabir surya.

7. Gunakan riasan berbasis air dan bebas minyak.

Riasan telah lama menjadi pilihan untuk menutupi noda. Tapi hati-hati Anda mungkin memperburuk jerawat Anda. Produk berat dan berminyak dengan cocoa butter, minyak mineral atau krim dingin dapat memperburuk jerawat. Seperti lotion dan tabir surya, riasan Anda harus berbahan dasar air, hipoalergenik, non-komdogneik, dan bebas minyak. Produk berbasis mineral dengan silika, titanium dioksida, dan seng oksida membantu menyerap minyak dan meminimalkan kemerahan.

Baca juga :  Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Dipunggung

8. Berhati-hatilah menghilangkan rambut wajah.

Seringkali yang terbaik adalah menggunakan pisau cukur listrik, bergerak dengan hati-hati ke bawah untuk menghindari noda dan jerawat yang tergores. Bersihkan pisau secara teratur dan cukur searah dengan tumbuhnya rambut. Waxing dan threading, meskipun efektif untuk menghilangkan rambut, dapat menyebabkan jerawat dan/atau iritasi. Gunakan metode penghilangan rambut ini dengan hati-hati.

9. Hindari menyentuh wajah Anda.

Setiap kali jari Anda menyentuh wajah Anda, mereka memindahkan kotoran dan minyak. Ini adalah kebiasaan yang sulit untuk dihentikan, tetapi merupakan kebiasaan yang penting. Dan sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air hangat terutama setelah makan agar tetap bersih.