5 Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berjilbab

ePortal.web.id – Sekarang ini trend hijab modern sedang digandrungi banyak wanita. Maka tak jarang wanita yang ingin mengenakan hijab harus rela membiarkan rambutnya tidak terurus. Padahal rambut penting dilakukan perawatan meski kini tak terlihat lagi. Paling tidak merawat rambut termasuk hal kesadaran dari dalam diri sendiri.

Tips Mudah Merawat Rambut untuk Wanita Berjilbab

Bagi wanita berhijab tentu memiliki banyak masalah mengenai rambutnya. Hampir setiap saat rambut tertutupi oleh hijab atau kerudung akan memicu rambut lembab, lantaran jarang ada udara. Bahkan  biasanya menimbulkan masalah lain seperti kerontokan rambut atau rambut yang menjadi berketombe. Inilah cara merawat rambut bagi wanita yang berjilbab rapat.

1.Gunakan Shampo Ringan

Biasanya rambut berhijab cenderung berminyak dan lembab, maka sebaiknya gunakan shampoo ringan khusus untuk kulit kepala sensitive. Hal semacam ini akan mampu menyeimbangkan kondisi kulit kepala sekaligus mencegah rambut berketombe hingga rambut rontok. Jadi, penting bagi anda untuk memilih shampo dan kondisioner yang ringan untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia.

  1. Aplikasikan Masker Rambut
Baca juga :  Cara Cepat Dan Aman Menghilangkan Jerawat

Cobalah untuk menemukan minyak rambut komersil,  yakni racik dua-tiga jenis minyak alami  seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak biji bunga matahari. Alternatif lain anda bisa oleskan masker rambut kaya vitamin dua-tiga kali seminggu dan beberapa pijatan lembut agar lebih rileks.

  1. Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Meskipun mengikat rambut terlalu kencang dan kaku akan menjadikan rambut tetap rapi saat digunakna hijab. Namun anda mesti menghindari kebiasaan buruk tersebut. Anda dapat menata rambut anda dalam ikat kuda atau cepolan yang longgar di bawah jilbab.  Pasalnya helai rambut akan bisa melemah jika mereka ditarik erat, menyebabkan rambut mengalami kerontokan.

  1. Biarkan Rambut Kering Sebelum Berjilbab
Baca juga :  Berbagai Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Selain itu, anda juga harus menghindari mengikat rambut dan memakai jilbab dalam keadaan rambut masih basah. Pasalnya rambut basah akan lebih sensitive dan rentan terhadap kerusakan. Dengan mengikat rambut dalam keadaan basah akan menyebabkan ketegangan pada rambut dan berpotensi mengakibatkan rambut menjadi rontok. Ditambah lagi dapat menyebabkan masalah berupa rambut berketombe. Hindari pula penggunaan pengering rambut yang berlebihan.

  1. Pilih Bahan Hijab Yang Bersabahat

Bagi setiap wanita memahami kain yang harus digunakan untuk hijabnya. Cobalah untuk gunakan kain yang ramah dengan kulit, kain yang dimaksud yakni memiliki jalur keluar-masuk udara. Anda dapat memakai serat alami yang ringan.  Biasanya hijab dengan bahan yang baik dan lembut akan memungkinkan rambut untuk tetap memeroleh oksigen dengan kadar yang lebih baik. Misalnya kain chiffon atau katun, yang mampu memberikan lebih banyak udara ke kulit kepala.

Baca juga :  Tips Cara Mencegah Jerawat Meradang

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Merawat Rambut Bagi Wanit Berjilbab. Semoga dapat menuai manfaat bagi kita semua.  Jaga rambut anda agar tetap sehat.