ePortal.web.id – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa di jaman modern ini segala aktivitas manusia menjadi semakin mudah dengan bantuan berbagai teknologi canggih, salah satunya adalah teknologi internet. Ya, internet memang telah memberikan pengaruh yang begitu besar terhadap dunia di mana internet menjadi suatu bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat di jaman modern ini. Internet telah memberikan dampak yang sangat besar di berbagai bidang, termasuk di dalam bidang bisnis.
Kiat Mempertahankan Pelanggan di Bisnis Online
Berkat teknologi internet inilah sekarang ini Anda telah bisa melakukan bisnis secara online yang mana pastinya menawarkan berbagai macam kemudahan dibandingkan dengan bisnis konvensional sehingga menjadikan bisnis online diminati oleh banyak orang. Meskipun menawarkan banyak kemudahan, namun bisnis online juga memiliki berbagai tantangannya sendiri seperti misalnya kepercayaan konsumen yang masih rendah sehingga membuat Anda sulit untuk menjual produk, berikut ini akan kami ulas kiat membangun kepercayaan konsumen di bisnis online.
- Cantumkan Alamat Anda di Profil
Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan konsumen di bisnis online adalah dengan mencantumkan alamat Anda di bagian profil. Anda harus mencantumkan alamat sejelas-jelasnya dengan tujuan agar para konsumen merasa lebih percaya kepada Anda karena konsumen akan tahu ke mana harus pergi untuk meminta pertanggungjawaban jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti misalnya terjadi masalah pada transaksi jual beli atau yang lainnya.
- Menggunakan Rekening Bank Sendiri
Hal berikutnya yang juga bisa dilakukan agar para konsumen bisa percaya untuk membeli produk di toko online adalah menggunakan rekening bank milik sendiri. Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan karena apabila Anda menggunakan rekening milik orang lain, maka calon konsumen akan merasa ragu untuk membeli produk yang Anda jual. Selain itu para konsumen juga akan bisa mengambil langkah hukum jika terjadi masalah pada transaksi yang dilakukan.
- Cantumkan Kontak Yang Bisa Dihubungi
Anda harus mencantumkan kontak yang bisa dihubungi dengan tujuan agar para calon konsumen lebih percaya untuk membeli produk yang Anda jual. Sebagai penjual yang baik, tentu saja Anda harus selalu mencantumkan kontak yang bisa dihubungi mulai dari nomor telepon, akun media sosial, hingga alamat email. Hal yang satu ini sangatlah penting untuk dilakukan, selain itu Anda juga tidak boleh terlalu sering mengganti nomor telepon agar konsumen tidak merasa curiga.
- Memberikan Respon Yang Cepat
Perlu Anda ketahui bahwa salah satu hal yang menyebabkan seseorang malas bertransaksi secara online adalah karena lambatnya respon dari pihak penjual. Oleh karena itulah sebagai seorang penjual yang baik Anda harus memberikan respon yang cepat pada saat ada konsumen yang melakukan order, selain itu Anda juga harus memberikan respon terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para calon konsumen.
- Berikan Promo
Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah dengan memberikan promo dan diskon. Harga promo dan diskon yang menarik agar para pelanggan tetap berlangganan di bisnis anda. Seperti beli 1 gratis 1 ataupun jika para pelanggan membeli 1 barang akan mendapatkan potongan harga sebesar 10%. Dengan memberikan harga promo dan diskon, hal ini akan membuat pelanggan anda bertahan dan tidak berpaling ke para competitor.
Masih ada banyak orang yang merasa ragu untuk melakukan pembelian produk secara online, oleh karena itulah maka Anda harus bisa membangun kepercayaan konsumen.