5 Pereda Alami Untuk Kulit Terbakar Matahari

ePortal.web.id – Indonesia termasuk salah satu negara tropis yang selalu disinari matahari sepanjang tahun. Namun karena kondisi demikian, masalah sunburn atau kulit yang terbakar sinar matahari adalah hal yang sering dialami wanita Indonesia. masalah sunburn bukanlah hal yang disepelekan. Paparan sinar UV mampu merusak jaringan kulit dan membuatnya sulit diatasi. Biasanya kondisi kulit terbakar sinar matahari memiliki ciri utama yaitu rasa gatal, perih, dan nyeri. selain itu kulit terasa panas dan tidak nyaman. Untuk meredakannya kita bisa menggunakan bahan alami.

Bahan-bahan alami ini mampu bekerja cepat untuk mengembalikan kondisi kulit. Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat alami tanpa takut lagi akan bahaya paparan sinar UV. Bahan-bahan alami ini memiliki kandungan anti bakteri, air dan sejumlah senyawa lainnya. Nutrisi tersebut sangat efektif untuk meredakan dan menenangkan kulit yang terpapar sinar matahari. Nah, bagi anda yang mengalami masalah kulit terbakar matahari, cobalah beberapa bahan peredanya di bawah ini untuk mengatasinya.

Baca juga :  Cara Memilih dan Menggunaan Lulur Untuk Kulit

Berbagai Pereda Alami Kulit Terbakar Matahari

  1. Madu

Kandungan anti bakteri yang dimiliki madu bermanfaat menyembuhkan luka. Selain itu anti iritasinya juga efektif mengatasi luka akibat sunburn karena mampu mempercepat pertumbuhan sel kulit epitel baru. Kulit sensitif pun sangat cocok menggunakan madu sebagai perawatan terutama ketika terpapar sinar matahari. Aplikasikan madu murni sebagai masker wajah. diamkan selama beberapa menit sampai mengering, kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Tomat

Menggosokan potongan tomat bermanfaat meringankan nyeri akibat terbakar sinar matahari. Penelitian di Jerman mengemukakan bahwa mengoleskan pasta tomat bermanfaat mencegah sunburn. Pasalnya kandungan lycopene nya mampu mengurangi efek radiasi sinar UV. Oleskan potongan tomat pada area wajah yang terpapar sinar matahari. Aplikasikan secara teratur untuk hasil optimal.

  1. Oatmeal
Baca juga :  Perawatan Rambut Secara Alami

Ekstrak gandum yang ada pada oatmeal bermanfaat sebagai anti radang alami. Mengoleskan masker oatmeal yang dicampur dengan madu akan membuat rasa sakit akibat terpapar sinar matahari menjadi lebih ringan. Selain itu banyak bukti ilmiah yang mengemukakan bahwa oatmeal memang efektif untuk meredakan keluhan tersebut. Bahan makanan dari gandum ini juga menjadi salah satu pengobatan tertua untuk mengatasi luka karena sunburn.

  1. Susu

Susu dingin mampu meringankan rasa nyeri akibat sunburn. Susu memiliki sifat yang mampu meringankan rasa gatal, nyeri, dan terbakar ketika dikompreskan ke kulit. Selain susu, anda juga bisa menggunakan yougurt sebagai alternatif bahan alaminya. Aplikasikan susu murni atau yougurt murni pada area wajah yang terpapar sinar matahari. Untuk hasil optimal gunakan secara teratur.

  1. Lidah buaya
Baca juga :  Ini Dia 5 Cara Alami Meluruskan Rambut

Gel lidah buaya mengandung antioksidan dan anti radang yang cocok untuk mencegah dan mengobati kulit yang mengalami sunburn. Kandungan mineral alami dari lidah buaya juga efektif untuk mempercepat penyembuhan. Sensasi rasanya yang dingin dan enak ketika diaplikasikan akan membuat kulit terasa nyaman ketika diaplikasikan dengan gel lidah buaya.

Nah itu dia beberapa jenis pereda alami untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.