7 Kebiasaan Tak Sehat Yang Bisa Bikin Badan Cepat Gemuk

ePortal.web.id – Pernah mengalami kegagalan saat sedang berdiet? Coba ingat kembali apa saja yang menjadi kebiasaan Anda selama ini, karena kebiasaan kebiasaan tertentu justru akan membuat badan cepat gemuk. Hal ini berdasarkan satu penelitian yang telah mengungkapkan bahwa ada kebiasaan yang kurang baik kalau di lakukan akan meningkatkan berat badan. Kebiasaan kebiasaan ini bukan hanya menjadi penyebab gagalnya diet, melainkan juga tidak baik untuk kesehatan badan.

Penyebab utama mengapa diet sering gagal tidak hanya di sebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk, melainkan juga bisa di sebabkan oleh faktor lain. Kebiasaan yang menjadi penyebab gagalnya diet ini sesuai dengan hasil dari suatu penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, bahwa paling tidak ada 3 kebiasaan yang ternyata dapat meningkatkan berat badan. Kebiasaan-kebiasaan ini saling berhubungan dan dapat menggagalkan diet seseorang.

Di bawah ini merupakan kebiasaan yang harus di hindari karena akan membuat tubuh malah cepat gemuk :

  1. Minuman beralkohol

Alkohol tidak hanya buruk bagi kesehatan dan dapat menyebabkan Ereksi Tidak Keras. melainkan juga dapat menggagalkan diet Anda. Meminum minuman yang mengandung alkohol dapat memicu hormon yang ada hubungannya dengan nafsu makan. Minuman yang ber alkohol juga dapat memberikan efek di bagian otak dan mampu meningkatkan respon keinginan untuk makan. Dari penelitian telah mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi alkohol sebelum makan dapat meningkatkan rasa lapar dan akan membuat rasa makanan terasa lebih lebih enak sehingga kecenderungan untuk makan lebih banyak.

  1. Kurang tidur
Baca juga :  Resiko Kesehatan Akibat Menahan Kencing Terlalu Lama

Kebiasaan suka begadang karena lembur sehingga tak punya cukup waktu untuk tidur juga salah satu kebiasaan yang akan membuat seseorang cepat gemuk. Penelitian telah mengungkapkan bahwa seseorang yang tidurnya kurang dari tujuh jam semalam dapat meningkatkan hormon lapar. Rasa lapar ini akan membuat Anda mengkonsumsi makanan dengan porsi lebih banyak. Selai itu, beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa dalam keadaan lelah atau kurang tidur, orang cenderung kurang mempedulikan dengan kualitas makanan.

  1. Nonton TV sambil makan

Orang yang punya kebiasaan nonton TV sambil makan cenderung akan mengalami kegemukan. Menonton televisi bisa membuat seseorang mengkonsumsi lebih banyak makanan. Beberapa orang percaya bahwa menyaksikan TV akan mematikan rasa kenyang sehingga akan mengkonsumsi lebih banyak makanan dan ada keinginan untuk ngemil sehingga akan membuat badan cepat gemuk.

  1. Makan setelah makan malam

Meski begitu, menurut Kathleen Zelman, makan setelah makan malam merupakan kebiasaan yang perlu diubah, terutama jika menyangkut makanan manis seperti kue coklat, ganti kebiasaan itu dengan teh panas atau makanan rendah kalori.

  1. Kurang minum
Baca juga :  5 Cara Menghilangkan Varises Dengan Mudah

Minum air putih yang cukup dapat membuat penampilan Anda awet muda dan sehat. Ini juga memungkinkan sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik. Menurut Molly Kimball, ahli gizi New Orleans, tubuh terkadang mengacaukan rasa lelah dengan rasa lapar. Kelelahan dapat disebabkan oleh dehidrasi. Sebuah studi November 2008 menemukan hubungan antara asupan air yang lebih tinggi dan penurunan berat badan yang lebih besar. Para peneliti di Virginia Tech menemukan bahwa seseorang yang minum delapan gelas air sebelum makan dua kali sehari, menghasilkan penurunan berat badan sekitar 3 kg.

  1. Makan Yang Tak Terkontrol

Seringkali Anda tidak memperhatikan hal ini ketika Anda sedang bekerja atau di bandara, bahkan jika Anda tidak lapar, Anda makan apa yang ada di meja Anda sebagai selingan atau aktivitas saat menunggu di bandara. Terkadang jajanan ini tidak sehat, seperti gorengan, makanan kemasan dan permen. Makanan ini tidak hanya tinggi kalori, tetapi juga dapat menyebabkan kolesterol dan diabetes. Jika Anda lapar di sepanjang jalan, Anda bisa membuat sandwich sehat sendiri. Anda juga bisa menyiapkan buah potong, smoothies, atau camilan sehat lainnya.

  1. Minuman yang mengandung kalori tinggi
Baca juga :  5 Obat Eksim Tradisional Yang Sudah Terbukti Ampuh

Kalori cair umumnya terdapat pada minuman bersoda dan minuman beralkohol. Selain itu, Anda juga harus menghindari kopi campuran yang dijual di kedai kopi, karena biasanya ditambahkan krim kocok putih telur. Protein dapat membuat Anda merasa kenyang, tetapi Anda dapat mengganti krim kocok yang sudah dicampur dengan susu dan bahan lainnya dengan soda diet atau bir ringan tanpa menyadari kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

  1. Melupakan sarapan pagi

Tubuh membutuhkan energi, setelah puasa semalaman, metabolisme membutuhkan makanan. Saat rasa lapar ditahan, tubuh memproduksi hormon ghrelin, dan hormon ini merangsang rasa lapar. Yang Anda butuhkan adalah hormon leptin, karena hormon ini merangsang rasa kenyang, Anda akan makan berlebihan di siang hari. Saat Anda hanya aktif di dalam ruangan, kalori disimpan di dalam tubuh. Anda harus membakar nya dengan berolahraga.

Demikian beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan berat badan dan sering menjadi penyebab gagalnya diet. Semoga bermanfaat.