7 Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

ePortal.web.id – Kehamilan adalah masa terpenting dalam hidup seorang wanita, ini merupakan fase pertama sebelum menjadi seorang wanita menjadi ibu. Perlu diketahui bahwa untuk menjadi hamil tidak semudah apa yang selama ini dibayangkan.

Memang pada sebagian besar kasus ada perempuan yang tidak memiliki masalah dengan fase tersebut, namun tidak sedikit wanita yang merasa frustasi karena sulitnya mendapatkan anugrah tersebut.

Oleh sebab itu jangan heran jika kian hari kian bertebaran iklan memuat tentang bagaimana cara agar cepat hamil, bagi yang masih berusaha, jangan pernah menyerah karena ada saatnya nanti kita akan sampai pada fase tersebut.

Namun untuk anda yang sekarang sedang mengandung maka berbahagialah karena diberikan kepercayaan oleh sang pencipta sedemikian besarnya.

Agar tidak terjadi hal buruk atau sesuatu yang tidak diinginkan pada janin dalam kandungan, hindari beberapa jenis makanan di bawah ini.

Baca juga :  Ketahui Nutrisi Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Berikut adalah tujuh jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil agar kandungan tetap dalam keadaan sehat dan aman.

  1. Daging mentah

Ada salah satu metode diet yang memberlakukan aturan untuk mengkonsumsi daging dan sayuran mentah, metode ini dikenal dengan nama raw food diet.

Salah satu alasan dibalik aturan tersebut adalah agar enzim, nutrisi dan vitamin dalam makanan tersebut tidak rusak karena proses pengolahan dengan suhu tinggi.

Mungkin metode ini bisa dilakukan oleh sebagian orang, namun untuk ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi daging dan ikan mentah karena bakteri yang biasa ditemukan pada makanan mentah seperti salmonella, coliform dan toksoplasmosis akan mengganggu kandungan.

  1. Makanan laut yang disimpan dalam lemari pendingin
Baca juga :  Khasiat Dan Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Makanan laut yang kita simpan dalam freezer atau lemari pendingin dalam waktu cukup lama mengandung Listeria, namun jika dimasak dengan benar maka kandungan tersebut mungkin bisa dihilangkan.

  1. Susu yang tidak dipasteurisasi

Produk susu seperti ini biasanya mengandung bakteri listeria yang dapat masuk ke plasenta dan menginfeksi darah, menyebabkan keracunan hingga akhirnya menyebabkan keguguran.

  1. Keju lunak

Keju lunak biasanya dibuat dengan menggunakan susu yang tidak dipasteurisasikan sehingga di dalamnya mungkin mengandung E coli dan listeria, efek yang ditimbulkan memiliki kemiripan dengan point tiga.

  1. Adonan kue mentah

Memang tidak ada salahnya mencicipi adonan kue mentah untuk mengetahui apakah komposisi bahan-bahan yang digunakan sudah tepat atau belum.Namun bagi ibu mengandung, sebaiknya hal ini dihindari dulu karena pada adonan kue mungkin terdapat Salmonella sehingga dapat mengganggu kesehatan kandungannya.

  1. Kafein
Baca juga :  10 Jenis Obat Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Wanita yang mengkonsumsi kafein sebanyak 200 mg memiliki kemungkinan tinggi terhadap bahaya keguguran, kafein juga harus dihindari setelah masa melahirkan karena dapat mengganggu produksi dan kualitas ASI.

  1. Telur mentah

Telur mentah mungkin telah terkontaminasi oleh Salmonella, jika anda termasuk orang yang biasa mengkonsumsi telur mentah dengan tujuan tersendiri, maka selama masa kandungan lebih baik hentikan dulu kebiasaan tersebut demi menjaga kondisi kehamilan dan janin kita.