7 Masalah Yang Sering Ditemukan Saat Hamil

ePortal.web.id – Masa kehamilan yang dijalani ibu berkisar antara 9 bulan, atau kurang lebih 36 sampai 37 minggu. Dalam masa seperti itu banyak berbagai perubahan yang ditemukan pada ibu baik dari sisi bentuk tubuh hingga perubahan mood.

Selain perubahan bentuk tubuh dan mood, ada beberapa gangguan kecil yang biasa menyerang ibu hamil seperti nyeri dan mual yang biasa kita temukan.

Agar lebih jelasnya, kami akan berusaha menjelaskan satu demi satu tentang gangguan apa saja yang biasa dihadapi oleh ibu di masa kehamilannya.

Berikut ini merupakan 7 masalah yang sering ditemukan saat hamil seperti yang kami kutip dari beberapa sumber.

Sakit punggung

Salah satu gangguan yang paling banyak dirasakan oleh ibu hamil adalah nyeri atau sakit pada bagian punggung. Hal ini normal karena saat bayi berkembang maka lekukan tulang belakang akan lebih terlihat dan menyebabkan rasa sakit.

Baca juga :  Yuk Kenali 10 Tanda Kehamilan Berikut

Tidak perlu khawatir jika menemukan gangguan tersebut, anda hanya perlu beristirahat yang cukup dan meninggalkan semua pekerjaan berat.

Gangguan pencernaan

Gangguan pada sistem pencernaan sering ditemukan pada ibu hamil, tidak jauh berbeda dengan sakit punggung yang dirasakan saat masa kehamilan.

Keduanya normal dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Gangguan yang terjadi pada sisitem pencernaan bagi ibu hamil lebih disebabkan oleh masalah hormonal serta perubahan ukuran rahim hingga mengakibatkan adanya tekanan pada perut.

Puting mengeluarkan cairan

Sebagian orang menganggap ini bukanlah suatu gangguan dan lebih setuju jika dimasukkan sebagai tanda awal dari kesiapan sang ibu menyusui anaknya nanti.

Namun sebagian lainnya merasa terganggu karena cairan yang dikeluarkan membuat hilangnya rasa nyaman. Terserah anda bagaimana menyikapinya, yang jelas hal tersebut sama sekali tidak berbahaya.

Baca juga :  Diabetes Gestational Diabetes Saat Hamil

Mual dan muntah

Ini adalah salah satu kasus yang paling banyak ditemukan pada ibu hamil. Mual dan muntah yang terjadi lebih disebabkan karena adanya perubahan kimiawi pada sistem tubuh.

Proses ini berlangsung di awal masa kehamilan dan bukan merupakan sesuatu yang berbahaya, namun cukup mengganggu kenyamanan sang ibu.

Pembengkakan pada bagian tubuh tertentu

Pembengkakan biasanya terlihat di bagian tubuh sekitar kaki, tangan atau bahkan jari-jari tangan. Ini adalah hal yang wajar dan tidak perlu ditakutkan.

Pembengkakan tersebut terjadi karena tubuh menyimpan cairan yang lebih banyak dibanding sebelumnya.

Stretch mark

Gangguan pada kulit ini terlihat di bagian perut dan paha bagian atas. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit namun cukup mengganggu karena mengganggu penampilan ibu baik selama masa kehamilan maupun setelah melahirkan.

Namun anda tidak perlu khawatir karena kami pernah mengulas tentang bagaimana cara mengatasi stretch mark, silahkan klik tautan tadi untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Baca juga :  Beberapa Jenis Makanan Penyebab Keguguran

Sering buang air kecil

Ini juga hal yang wajar meskipun secara keseluruhan dapat mengganggu kenyamanan sang ibu. Masih ada banyak cara untuk mengakalinya agar masalah tersebut tidak berkelanjutan.

Semua hal di atas merupakan masalah yang sering ditemukan saat hamil, jika masih dalam tahapan yang wajar tidak usah ditanggapi secara berlebihan. Namun jika hal itu berkembang hingga benar-benar mengganggu sang ibu maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter terkait.