Cara Ampuh Mengobati Jerawat Ala Rumahan

ePortal.web.id – Jerawat adalah salah satu kondisi kulit paling umum di dunia, mempengaruhi sekitar 85% orang pada suatu saat dalam hidup mereka. Perawatan jerawat konvensional bisa mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan seperti kekeringan, kemerahan dan iritasi.

Hal ini mendorong banyak orang untuk mencari cara menyembuhkan jerawat secara alami di rumah. Internet dipenuhi dengan sugesti, tetapi apakah perawatan alami benar-benar berhasil? Artikel ini membahas 13 pengobatan rumahan untuk jerawat yang didukung oleh sains.

Apa penyebab jerawat?

Jerawat dimulai saat pori-pori di kulit Anda tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Setiap pori terhubung ke kelenjar sebaceous, yang menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Sebum ekstra dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dikenal sebagai Propionibacterium acnes, atau P. acnes. Sel darah putih Anda menyerang P. acnes, yang menyebabkan peradangan kulit dan jerawat.

Beberapa kasus jerawat lebih parah daripada yang lain, tetapi gejala yang umum termasuk komedo putih, komedo, dan jerawat. Banyak faktor yang berkontribusi pada perkembangan jerawat, termasuk genetika, pola makan, stres, perubahan hormon, dan infeksi. Di bawah ini adalah 13 pengobatan rumahan untuk jerawat yang mungkin ingin Anda coba.

  1. Oleskan cuka sari apel

Cuka sari apel dibuat dengan cara memfermentasi sari apel, atau jus tanpa filter dari apel yang diperas. Seperti cuka lainnya, cuka dikenal karena kemampuannya melawan banyak jenis bakteri dan virus. Cuka sari apel mengandung beberapa asam organik yang telah terbukti membunuh P. acnes.

Secara khusus, asam suksinat telah terbukti menekan peradangan yang disebabkan oleh P. acnes, yang dapat mencegah jaringan parut. Selain itu, asam laktat telah terbukti memperbaiki tampilan bekas jerawat. Terlebih lagi, cuka sari apel dapat membantu mengeringkan minyak berlebih yang menyebabkan jerawat.

Bagaimana cara menggunakannya

Campurkan 1 bagian cuka sari apel dan 3 bagian air (gunakan lebih banyak air untuk kulit sensitif).

Setelah dibersihkan, oleskan campuran tersebut dengan lembut ke kulit menggunakan bola kapas.

Biarkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan.

Ulangi proses ini 1–2 kali sehari, sesuai kebutuhan.

Penting untuk diperhatikan bahwa mengoleskan cuka sari apel pada kulit Anda dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi, jadi harus selalu digunakan dalam jumlah kecil dan diencerkan dengan air.

RINGKASAN

Asam organik dalam cuka sari apel dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi munculnya bekas luka. Menerapkannya ke kulit dapat menyebabkan luka bakar atau iritasi, jadi harus digunakan dengan hati-hati.

  1. Minum Suplemen Seng
Baca juga :  Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Ampuh

Seng adalah nutrisi penting yang penting untuk pertumbuhan sel, produksi hormon, metabolisme, dan fungsi kekebalan. Ini juga salah satu perawatan alami yang paling banyak dipelajari untuk jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjerawat cenderung memiliki kadar seng yang lebih rendah dalam darahnya daripada orang yang memiliki kulit bersih.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi seng secara oral membantu mengurangi jerawat. Dalam sebuah penelitian, 48 pasien jerawat diberi suplemen seng oral tiga kali sehari. Setelah delapan minggu, 38 pasien mengalami penurunan jerawat sebesar 80-100%.

Dosis optimal seng untuk jerawat belum ditetapkan, tetapi beberapa penelitian telah menunjukkan penurunan yang signifikan pada jerawat dengan menggunakan 30-45 mg unsur seng per hari. Seng unsur mengacu pada jumlah seng yang ada dalam senyawa. Seng tersedia dalam berbagai bentuk, dan masing-masing mengandung jumlah unsur seng yang berbeda.

Seng oksida mengandung jumlah unsur seng tertinggi yaitu 80%. Batas atas zinc aman yang direkomendasikan adalah 40 mg per hari, jadi sebaiknya tidak melebihi jumlah tersebut kecuali di bawah pengawasan dokter medis.

Mengonsumsi terlalu banyak seng dapat menyebabkan efek samping, termasuk sakit perut dan iritasi usus. Penting juga untuk dicatat bahwa mengoleskan seng pada kulit belum terbukti efektif. Ini mungkin karena seng tidak diserap secara efektif melalui kulit.

RINGKASAN

Orang yang berjerawat cenderung memiliki kadar seng lebih rendah daripada orang dengan kulit bersih. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi seng secara oral dapat mengurangi jerawat secara signifikan.

  1. Buatlah Masker Madu dan Kayu Manis

Baik madu dan kayu manis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Penelitian telah menemukan penggunaan antioksidan pada kulit lebih efektif dalam mengurangi jerawat daripada benzoil peroksida dan retinoid. Ini adalah dua obat jerawat umum untuk kulit yang memiliki sifat antibakteri.

Antioksidan yang diteliti adalah vitamin B3, asam lemak linoleat (omega-6) dan sodium ascorbyl phosphate (SAP), yang merupakan turunan vitamin C. Antioksidan spesifik ini tidak ditemukan dalam madu atau kayu manis, tetapi ada kemungkinan antioksidan lain memiliki efek serupa.

Madu dan kayu manis juga memiliki kemampuan melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor pemicu timbulnya jerawat. Madu dan kayu manis juga memiliki kemampuan melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor pemicu timbulnya jerawat.

Sementara sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri dari madu dan kayu manis dapat bermanfaat bagi kulit yang rentan berjerawat, belum ada penelitian tentang kemampuannya untuk mengobati jerawat.

Baca juga :  Cara Mudah Membuat Masker Untuk Rambut Kering

Cara Membuat Masker Madu dan Kayu Manis

Campur 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis untuk membentuk pasta.

Setelah dibersihkan, oleskan masker ke wajah Anda dan biarkan selama 10–15 menit.

Bilas masker sepenuhnya dan tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering.

RINGKASAN

Madu dan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Karena itu, mereka mungkin bermanfaat untuk kulit yang rentan berjerawat.

  1. Rawat Tempat Dengan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Australia. Ia terkenal karena kemampuannya melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan 5% minyak pohon teh ke kulit secara efektif mengurangi jerawat.

Jika dibandingkan dengan 5% benzoyl peroxide, minyak pohon teh 5% tidak bertindak secepat itu, tetapi secara signifikan memperbaiki jerawat setelah tiga bulan penggunaan. Ini juga menghasilkan lebih sedikit efek samping seperti kekeringan, iritasi dan rasa terbakar, dibandingkan dengan benzoyl peroxide. Minyak pohon teh sangat manjur, jadi selalu encerkan sebelum dioleskan ke kulit Anda.

Bagaimana cara menggunakannya

Campurkan 1 bagian minyak pohon teh dengan 9 bagian air.

Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan ke area yang terkena.

Oleskan pelembab jika diinginkan.

Ulangi proses ini 1–2 kali sehari, sesuai kebutuhan.

RINGKASAN

Minyak pohon teh memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Menerapkannya ke kulit telah terbukti mengurangi jerawat.

  1. Oleskan Teh Hijau ke Kulit Anda

Teh hijau sangat tinggi antioksidan, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan. Tidak ada penelitian yang mengeksplorasi manfaat teh hijau untuk mengatasi jerawat, tetapi mengoleskannya langsung ke kulit terbukti membantu.

Ini kemungkinan karena flavonoid dan tanin dalam teh hijau diketahui membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan 2–3% ekstrak teh hijau ke kulit secara signifikan mengurangi produksi sebum dan jerawat pada mereka yang berjerawat. Anda dapat membeli krim dan losion yang mengandung teh hijau, tetapi juga mudah membuat campuran Anda sendiri di rumah.

Bagaimana cara menggunakannya

Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3–4 menit.

Biarkan teh menjadi dingin.

Dengan menggunakan bola kapas, oleskan teh ke kulit atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan.

Biarkan mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan.

Anda juga bisa menambahkan sisa daun teh ke madu dan membuat masker.

Baca juga :  Beberapa Cara Mengatasi Rambut Yang Susah Diatur

Meskipun tidak ada bukti bahwa minum teh hijau dapat melawan jerawat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau masih bermanfaat. Misalnya, minum teh hijau telah terbukti menurunkan gula darah dan kadar insulin, yang merupakan faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

RINGKASAN

Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan. Menerapkan teh hijau ke kulit telah terbukti mengurangi jerawat secara signifikan.

  1. Terapkan Witch Hazel

Witch hazel diekstrak dari kulit kayu dan daun semak witch hazel Amerika Utara, Hamamelis virginiana. Ini mengandung tanin, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Itulah mengapa digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi kulit, termasuk ketombe, eksim, varises, luka bakar, memar, gigitan serangga, dan jerawat.

Sayangnya, belum ada penelitian tentang kemampuan witch hazel untuk mengobati jerawat secara spesifik. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengoleskan witch hazel pada kulit dapat melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan membantu penyembuhan.

Bagaimana cara menggunakannya

Campurkan 1 sendok makan kulit kayu witch hazel dan 1 cangkir air di dalam panci kecil.

Rendam witch hazel selama 30 menit lalu didihkan di atas kompor.

Kecilkan hingga mendidih dan masak, tutupi, selama 10 menit.

Angkat campuran dari api dan diamkan selama 10 menit lagi.

Saring dan simpan cairan dalam wadah tertutup.

Oleskan ke kulit yang bersih menggunakan bola kapas 1-2 kali sehari, atau sesuai keinginan.

Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa versi yang dibuat secara komersial mungkin tidak mengandung tanin, karena sering hilang dalam proses distilasi.

RINGKASAN

Menerapkan witch hazel ke kulit telah terbukti dapat melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan membantu menyembuhkan kulit. Ini mungkin bermanfaat bagi individu dengan jerawat, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.

Garis bawah

Jerawat adalah masalah umum dengan sejumlah penyebab yang mendasari. Namun, perawatan konvensional dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan, dan iritasi. Untungnya, banyak solusi alami yang juga efektif. Pengobatan rumahan yang tercantum dalam artikel ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang, tetapi mungkin patut dicoba. Meskipun demikian, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter kulit jika Anda memiliki jerawat yang parah.