Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami Yang Aman

ePortal.web.id – Jika Anda berjuang melawan jerawat, jangan khawatir, ini umum terjadi pada orang-orang dari segala usia, terlebih lagi untuk remaja dan wanita yang mengalami menopause. Jerawat terjadi ketika Anda mengalami ketidak seimbangan hormon dalam tubuh. Setiap perubahan pada hormon Anda menyebabkan kelenjar menghasilkan lebih banyak minyak dari biasanya, yang kemudian menyebabkan pori-pori kulit Anda tersumbat, memungkinkan bakteri tumbuh. Jadi Anda tahu mengapa itu terjadi, tetapi kita semua tahu itu tidak berakhir di situ. Jika Anda pernah mencoba untuk mengambil tindakan sendiri dan mengobati jerawat tanpa ada referensi atau pengetahuan dalam mengatasinya, Anda akan tahu bahwa bekas jerawat meninggalkan bekas setelah breakout. Mereka tidak akan hilang dengan mudah, dan menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Mereka biasanya berwarna merah atau coklat dengan tekstur parit yang tidak rata.

Jerawat yang tumbuh diwajah tidak memiliki jangka waktu dan sulit untuk ditebak berapa lama jerawat tersebut akan bertahan diwajah, kadang bisa sampai berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, tetapi yang terbaik adalah menghindari perawatan kimia yang keras. Ada banyak pengobatan rumahan yang dapat Anda coba dan tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat. Namun yang pasti anda mesti bersabar dengan jerawat yang anda alami.

Berikut beberapa pengobatan alami yang dapat Anda coba.

  1. Lidah Buaya

Aloe Vera adalah anti-inflamasi dan memiliki sifat antibakteri sehingga merupakan alat yang hebat dalam gudang perawatan bekas luka jerawat Anda. Cara mengaplikasikan nya adalah ambil daun lidah buaya yang sudah dibersihkan lalu ambil gelnya setelah Anda memotongnya, Oleskan gel ke bekas luka dan pijat, setelah itu Biarkan selama 30 menit lalu Bila, anda bisa mengulangi nya sebanyak 2 atau 3 kali sehari.

Cara Lain Nya Adalah Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dan 2 atau 3 tetes minyak esensial pohon teh, Oleskan ke bekas luka atau jerawat yang ada diwajah, setelah itu Bilas dengan air dingin setelah didiamkan selama 10 hingga 15 menit, anda bisa menggunakan nya sekali sehari.

  1. Lemon
Baca juga :  Ini Dia Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Lemon adalah cara alami yang baik untuk mengatasi jerawat yang membandel, Lemon berfungsi sebagai pemutih alami dan membantu mencerahkan segala jenis bekas luka di kulit Anda, lemon bisa mengangkat sel kulit mati, meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan elastisitas kulit. Cara menggunakan nya adalah Oleskan jus lemon segar langsung ke bekas luka menggunakan ujung jari atau cotton bud, Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air, Ulangi 1 atau 2 kali sehari, bisa juga dengan Campurkan jus lemon dan madu dalam jumlah yang sama, Gunakan bola kapas untuk dioleskan ke bekas luka, Biarkan selama 10 hingga 15 menit, Cuci bersih dengan air dan keringkan, Ulangi sekali sehari.

Atau bisa juga dengan mencampurkan 1 sendok teh jus lemon dengan 1 sendok teh minyak vitamin E, Oleskan ke bekas jerawat Anda sebelum tidur, Cuci bersih keesokan harinya, Ulangi setiap hari.

  1. Minyak Kelapa

Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa, karena minyak kelapa adalah sumber yang kaya vitamin E dan asam lemak, caranya yaitu Gosokkan minyak kelapa ke kulit, Pijat ke bekas luka selama 5 hingga 10 menit, Biarkan selama satu jam, lalu Bilas dengan air hangat. Atau anda juga bisa menggunakan minyak kelapa dengan mencampur minyak lavender dengan 1 sendok makan minyak kelapa, balurkan ke area yang berjerawat dan pijat selama beberapa menit, Biarkan selama 20-30 menit, setelah itu Bilas dengan air hangat, Ulangi sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu

  1. Baking Soda

Baking Soda bekerja sebagai exfoliant ringan untuk membantu memudarkan jaringan parut demi lapis. Cara menggunakan nya adalah ambil 2 sendok teh soda kue ke dalam mangkuk, Tambahkan air untuk membuat pasta encer, Oleskan campuran tersebut pada bekas jerawat Anda. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas, Ulangi sekali sehari selama beberapa minggu untuk membantu memudarkan bekas jerawat Anda.

  1. Cuka Sari Apel
Baca juga :  Cara Mengatasi Masalah Wajah Merah Dengan Mudah

Sifat asam cuka sari apel membantu mencerahkan pigmentasi pada kulit dan bisa membantu mengatasi jerawat. Cuka sari apel juga merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel dan mengangkat sel kulit mati. Cara pengaplikasikan nya adalah Campurkan cuka sari apel mentah tanpa filter dan air dalam jumlah yang sama, Celupkan bola kapas Anda ke dalamnya dan oleskan ke bekas luka, Biarkan selama 5 menit, Bilas dengan air. Ulangi setiap hari.

Bisa juga menggunakan nya dengan cara Campurkan 2 sendok makan cuka sari apel mentah tanpa filter dengan setengah cangkir air dan 2 sendok makan madu, Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya, Biarkan atau 10 hingga 15 menit, lalu Bilas dengan air bersih, Ulangi sekali sehari

  1. Kentang

Kandungan pati yang tinggi membantu memudarkan bekas luka dan noda. Cara menggunakan nya adalah, Parut 1 kentang dan saring dengan kain untuk mendapatkan sarinya, Oleskan ini ke bekas jerawat, Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas.

Bisa juga dengan mencampur dengan Potong kentang menjadi irisan tebal, lalu Gosokkan irisan ke kulit Anda selama satu menit, Biarkan jus di wajah Anda selama 15 hingga 20 menit setelah itu Bilas.

  1. Mentega Kakao

Itu mudah diserap ke dalam kulit mengunci kelembaban. Ini membantu pertumbuhan kembali jaringan, mengurangi bekas luka, Oleskan sedikit mentega kakao langsung ke bekas luka, Pijat untuk membantunya terserap ke dalam kulit, Ulangi setiap hari sebelum tidur dan bersihkan keesokan paginya.

  1. Kunyit

Kunyit dapat membantu mengatasi jerawat karena bahan aktif dalam kunyit, mengandung khasiat penyembuhan kulit. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi.Campur 1 sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit jus lemon untuk membuat pasta. Balurkan ke bekas luka. Cuci bersih setelah 15 menit dengan air hangat. Tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering dan gunakan pelembab. Ulangi dua kali sehari.

Atau anda juga bisa menggunakan kunyit dengan mencampurkan 1 sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan yogurt tanpa rasa, dan 1 sendok teh minyak kelapa extra-virgin. Terapkan ke bekas luka. Biarkan mengering. Dengan menggunakan jari basah, gosok dengan lembut pada kulit Anda. Luangkan waktu sebentar. Cuci bersih. Lakukan 2 atau 3 kali seminggu.

  1. Madu
Baca juga :  Cara Alami Menghilangkan Bulu Kaki Tanpa Rasa Sakit

Madu memiliki khasiat antibiotik dan penyembuhan. Dapat membantu mengobati jerawat serta membantu membersihkan bekas luka. Cara menggunakan nya adalah mengoleskan madu pada bekas luka, tutupi dengan perban atau kain kasa dan biarkan semalaman. Di pagi hari, bersihkan dengan air hangat. Ulangi setiap hari sebelum tidur. Bisa juga dengan menghancurkan 2 atau 3 tablet aspirin menjadi bubuk. Campur menjadi 2 sendok teh madu. Oleskan pada bekas luka Anda dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air hangat. Ulangi sekali sehari.

  1. Witch hazel

Witch hazel disebut-sebut sebagai salah satu obat terbaik untuk bekas jerawat. Zat alami dapat membantu mengontrol peradangan, dan mengurangi kemerahan. Itu juga dapat menurunkan pertumbuhan bakteri pada kulit. Anda bisa menggunakan gel, tisu dan produk lainnya, ada juga penyegar. Untuk gel jelaga, cobalah Witch Doctor Skin Soothing Gel, ada juga Witch Blemish Gel 35ml.

Jangan memencet atau memencet jerawat karena menyebabkan bekas luka

Jangan menyentuh area tersebut karena bakteri dan kotoran dapat menyebabkan infeksi, Hindari terlalu banyak terkena sinar matahari, gunakan sun cream minimal SPF 30, Paparan UV menyebabkan bintik-bintik menjadi lebih gelap. Cobalah produk yang memiliki SPF dalam pelembab seperti Simple Kind to Skin + Protecting Moisture Cream atau coba krim matahari untuk kulit yang lebih sensitif.