Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Minggu

ePortal.web.id – Jerawat kadang bisa memakan waktu cukup lama untuk disembuhkan, dan cara yang biasa saja mungkin tidak dapat membantu jika Anda mencari solusi yang cepat. Jika Anda ingin jerawat hilang dalam seminggu, maka anda mesti mencoba berbagai cara, mengubah gaya hidup, dan mencari obat bebas. Terlepas dari upaya terbaik Anda, terkadang tidak mungkin untuk sepenuhnya menyembuhkan serangan jerawat yang membandel dalam waktu seminggu. Namun, menggunakan banyak metode dapat mengurangi beberapa gejala dan menyembuhkan jerawat lebih cepat dari biasanya. Hal yang pertama dilakukan adalah Ubah diet Anda. karena Makanan tertentu dapat memicu munculnya jerawat atau memperburuk wabah yang sudah ada. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat dengan cepat, Anda perlu berkomitmen. Ini berarti mengubah semua aspek hidup Anda, termasuk pola makan Anda.

Jaga pola makan dan gaya hidup sehat

Produk susu dan karbohidrat, terutama karbohidrat kosong seperti tepung dan gula olahan, dapat memicu timbulnya jerawat. Kurangi pilihan makanan ini untuk mencoba dan mengekang jerawat Anda dan sebagai gantinya pilihlah gandum utuh, buah-buahan, dan sayuran. Cokelat sering kali terdaftar sebagai penyebab potensial jerawat, tetapi kaitannya belum diketahui dengan baik. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan cokelat dapat menyebabkan jerawat, atau memperburuk wabah yang sudah ada, penelitian lebih lanjut diperlukan. Namun, jika Anda berharap bisa menyembuhkan jerawat dengan cepat, lebih baik berhati-hati dan buang cokelat.

Makanan berminyak juga disalahkan sebagai penyebab jerawat, tetapi ini hanya memiliki sedikit dasar ilmiah. Namun, bekerja di lingkungan yang berminyak, seperti dapur cepat saji, dapat menyebabkan jerawat karena minyak menempel pada kulit dan tersumbat di folikel rambut. [3]

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Hindari memperburuk masalah. Seringkali, Anda melakukan perilaku yang menyebabkan atau memperburuk jerawat tanpa disadari. Jika Anda ingin jerawat Anda cepat hilang, Anda perlu menghindari perilaku tertentu. Jangan mencongkel jerawat Anda. Ini akan memperburuk keadaan dan menyebabkan lebih banyak infeksi dan jaringan parut. Ini juga akan membuat lesi lebih merah dan bengkak. Seringkali, orang menganggap kebersihan yang buruk telah menyebabkan jerawat mereka dan merespons dengan pencucian yang berat. Ini mengiritasi kulit, membuat jerawat yang ada lebih terlihat dan meningkatkan risiko infeksi. Tetaplah pada pencucian lembut dua kali sehari dengan sabun lembut atau pembersih jerawat.

Stres tentang jerawat dapat dengan mudah memperburuknya. Meskipun stres bukanlah penyebab utama jerawat, hormon yang dilepaskan selama stres telah dikaitkan dengan memburuknya gejala. Beralih ke produk bebas minyak. Jerawat terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan kulit mati. Menggunakan produk yang banyak mengandung minyak, seperti produk make-up dan rambut tertentu, dapat membuat jerawat lebih mungkin terjadi. Periksa lemari Anda dan kenali zat apa pun yang mungkin menyebabkan jerawat Anda.

Baca juga :  14 Tips Mengatasi Jerawat Yang Sudah Terbukti Ampuh

Jika Anda memakai riasan, carilah produk bebas minyak. Make-up sering kali diidentifikasi sebagai penyebab jerawat, tetapi jerawat Anda tidak boleh terpengaruh oleh make-up selama produk Anda mengandung sedikit atau tidak ada minyak. [6] Carilah riasan berbahan dasar air atau mineral. Tabir surya juga terkadang menggunakan minyak dalam jumlah banyak. Carilah tabir surya yang lebih alami dan bebas minyak. Cari kata “noncomedogenic” di label. Neutrogena memiliki tabir surya yang bagus yang tidak akan menyebabkan jerawat. Produk rambut khususnya cenderung sangat berminyak. Cari merek sampo dan kondisioner alami. Seringkali, produk salon dibuat lebih baik daripada kondisioner department store. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat, harganya mungkin sepadan dengan harganya.

Menggunakan Obat Bebas

Biasakan diri Anda dengan bahan-bahan penting. Obat jerawat yang dijual bebas hanya bekerja jika mengandung bahan tertentu yang menargetkan jerawat. Pastikan Anda mengetahui bahan-bahan yang harus dicari agar Anda tidak membeli krim atau losion yang dijual bebas yang hanya memiliki sedikit efek dalam melawan jerawat. Benzoil peroksida membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Asam salisilat sebagian besar berfungsi sebagai agen pencegahan, memastikan pori-pori tidak tersumbat. Meskipun ini adalah produk yang bagus untuk pencegahan jangka panjang, ini mungkin bukan bahan terbaik untuk dicari saat berusaha untuk mengakhiri breakout dalam waktu singkat.

Asam glikolat dan asam laktat, terkadang disebut asam alfa hidroksi, mengangkat sel kulit mati dan mengurangi peradangan. Cari produk yang mengandung bahan-bahan ini jika Anda ingin cepat sembuh. Sulfur juga menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat dan merupakan bahan yang baik untuk penyembuhan cepat. Mulailah dengan benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide adalah agen terbaik untuk penyembuhan cepat. Saat pertama kali melihat produk, mulailah di sini karena memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi untuk banyak orang.

Krim benzoyl peroxide memiliki berbagai macam kekuatan, dari 2,5% hingga 10%. Lebih kuat tidak selalu lebih baik dan banyak orang benar-benar merespons krim kekuatan 2,5% dengan sangat baik. Secara umum, perlu beberapa hari untuk melihat hasilnya. Ikuti petunjuk untuk krim apa pun yang Anda beli dan jangan gunakan lebih banyak karena dapat mengiritasi kulit. Sabar. Jangan mengharapkan hasil dalam semalam, tetapi dalam 3 sampai 5 hari perbaikan akan terlihat. Mulailah dengan dosis rendah. Efek samping, seperti kemerahan dan kulit kering, bisa terjadi saat menggunakan produk jerawat. Sampai Anda tahu bagaimana kulit Anda akan bereaksi, yang terbaik adalah menjaga dosis tetap rendah.

Baca juga :  Ini Dia 5 Cara Alami Meluruskan Rambut

Kulit Anda perlu menyesuaikan diri dengan perawatan secara bertahap. Jika Anda belum pernah mencoba obat bebas sebelumnya, lepaskan kulit Anda menuju transisi. Mulailah dengan dosis terendah. Meskipun Anda mungkin ingin mencoba dosis tinggi untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat, ini bisa menjadi bumerang. Jika kulit Anda teriritasi, atau jika Anda bereaksi, jerawat akan bertambah parah dan masalah kulit lainnya, seperti ruam, bisa terbentuk. Yang terbaik adalah menggunakan produk dengan benar, dengan dosis rendah, dan berharap penyembuhan yang cepat daripada risiko efek samping. Gunakan banyak produk. Jika Anda sudah mencoba beberapa lama untuk menghilangkan jerawat Anda, coba gunakan kombinasi produk.

Produk yang berbeda memerangi berbagai penyebab jerawat. Menggunakan berbagai pendekatan untuk mengobati jerawat mungkin berhasil, terutama jika jerawat Anda sangat intens. Banyak orang menemukan bahwa menggabungkan benzoyl peroxide dengan asam salisilat dapat menyembuhkan jerawat yang ada sementara secara preemptif menghentikan jerawat di masa depan.  Anda dapat mencoba menggunakan pembersih wajah asam salisilat dan krim benzoil peroksida. Berhati-hatilah. Ada sedikit kemungkinan benzoil peroksida dengan asam salisilat dapat memperburuk jerawat selama beberapa minggu pertama.

Mencoba Perawatan Alami

Cari krim yang mengandung tulang rawan sapi. Tulang rawan sapi adalah zat yang ditemukan dalam tubuh sapi yang memberikan dukungan struktural pada tulang. Saat diekstrak, ini bisa menjadi obat jerawat yang cepat dan kuat. Cari krim yang mengandung 5% tulang rawan sapi. Ini dapat ditemukan di toserba dan toko kesehatan di seluruh negeri. Oleskan krim dua kali sehari untuk hasil yang optimal.

Coba ekstrak teh hijau. Banyak lotion mengandung ekstrak teh hijau, turunan herbal dari daun teh hijau. Ini bisa efektif dalam memerangi jerawat. Carilah losion yang mengandung setidaknya 2% ekstrak teh hijau. Ini dapat ditemukan di departemen, toko obat, dan makanan kesehatan. Metode ini bekerja paling baik pada remaja dan remaja dan dengan orang yang menderita jerawat ringan. Jika Anda lebih tua, dan jerawat Anda parah, Anda mungkin ingin mencoba opsi lain.

Gunakan lidah buaya. Lidah buaya adalah spesies tanaman yang digunakan dalam jumlah kecil di banyak gel dan krim. Ini sangat efektif untuk melawan jerawat. Usahakan untuk membuat gel lidah buaya 50% dan gabungkan dengan obat jerawat konvensional. Studi menunjukkan penggunaan lidah buaya bersama obat lain secara signifikan lebih baik daripada menggunakan metode lain saja. Cobalah mengoleskan lidah buaya saat menggunakan krim wajah yang dijual bebas. Gunakan jumlah yang disarankan pada botol. Jangan gunakan lebih dari yang dibutuhkan karena ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Lidah buaya bisa bekerja dengan cepat, tetapi tidak selalu demikian. Terkadang diperlukan waktu hingga 8 minggu untuk bekerja.

Baca juga :  Cara Cepat Dan Aman Menghilangkan Jerawat

Gunakan minyak pohon teh untuk penyembuhan cepat. Minyak pohon teh telah lama dianggap baik untuk kulit. Minyak pohon teh efektif dalam mengobati jerawat, tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk bekerja dan Anda tidak boleh melihatnya jika ingin cepat sembuh. Manfaat utama minyak pohon teh adalah memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada krim benzoyl dan cenderung menghilangkan jerawat dengan lebih efektif. Namun, dibutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk memberikan efek. Meskipun mungkin bagus untuk penyembuhan jangka panjang, ini bukanlah pilihan terbaik untuk pengobatan akting cepat. Pohon teh dapat menyebabkan dermatitis kontak jika Anda memiliki alergi. Jika Anda melihat gejala memburuk, hentikan penggunaan. Minyak pohon teh tidak boleh dikonsumsi secara oral, dan bisa sangat berbahaya bagi anak-anak jika diminum. Selalu encerkan minyak pohon teh dengan minyak lain, seperti minyak zaitun atau almond, jika Anda memang ingin menggunakannya.

Coba minyak esensial lainnya. Beberapa minyak memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Jika Anda sedang mencari obat cepat, obat ini patut dicoba. Ingat, bagaimanapun, bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi minyak esensial. Gunakan hanya secara topikal. Spearmint atau peppermint bisa diencerkan dengan satu liter air dan dioleskan ke wajah. Mentol dalam zat ini memiliki sifat antiseptik. Lavender, thyme, dan calendula semuanya memiliki khasiat antibakteri yang dapat membersihkan wajah dan menghilangkan noda dengan cepat. Rosemary dan oregano memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini sulit ditemukan dalam bentuk minyak esensial, jadi Anda bisa menggunakan bumbu dapur dengan mengencerkan setengah sendok teh herba kering ke dalam air.