Diabetes Gestational Diabetes Saat Hamil

ePortal.web.id – Hamil adalah kondisi yang menakjubkan dari seorang wanita, banyak keistimewaan di dalamnya yang tidak perlu kami sebutkan satu demi satu karena anda semua pun pasti sudah mengetahuinya.

Akan tetapi dibalik semua hal istimewa yang ada pada seorang ibu hamil terdapat beberapa bahaya yang setia mengintai, salah satunya adalah diabetes yang terjadi pada masa kehamilan berlangsung. Istilah medis untuk diabetes seperti ini dinamakan dengan diabetes gestational.

Jika tidak segera ditangani maka dapat membahayakan kondisi kesehatan ibu dan bayinya, bahkan tidak sedikit bayi yang dikandung mengalami cacat permanent setelah lahir karena penyakit ini. Untuk mengetahui lebih dalam kami telah merangkum beberapa hal penting berkenaan dengan diabetes tipe ini.

Baca juga :  Beberapa Jenis Makanan Penyebab Keguguran

Salah satu penyakit gula darah disebabkan karena kurangnya hormon insulin dalam darah. Hormon inilah yang bertugas untuk memecah gula darah dan diubah menjadi energi, jika hormon insulin memiliki jumlah yang terbatas maka kadar gula dalam darah akan naik karena banyak gula yang tidak berhasil dipecah oleh hormon insulin.

Lalu apa hubungannya antara hormon insulin dan ibu hamil? Pada ibu hamil, kadang-kadang tubuh dicegah memproduksi hormon insulin oleh hormon lainnya, hal ini dilakukan untuk memastikan si bayi mendapatkan suplai kadar gula atau glukosa dalam jumlah yang tepat, bila keadaan ini terus berlangsung maka kadar gula dalam tubuh ibu hamil akan meningkat tajam yang pada ahirnya menyebabkan diabetes gestational.

Baca juga :  Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Setelah anda telah mengerti apa penyebab utama dari hadirnya diabetes tipe ini, kini saatnya mengetahui lebih dalam apa saja yang perlu anda ketahui tentang gestational diabetes ini.

  • Diabetes gestational hanya terjadi saat masa kehamilan berlangsung
  • 2 sampai 7 % ibu hamil di seluruh dunia mengalaminya
  • Jika tidak mendapat penanganan yang tepat maka akan terjadi kecacatan permanen pada bayi
  • Jika diabetes tersebut tidak hilang setelah melahirkan maka kemungkinan si ibu sudah mengidap diabetes sebelum mengandung
Baca juga :  Jenis-jenis Sayuran Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Apapun bentuk dan jenisnya, penyakit gula darah sangat berbahaya dan harus segera diatasi, jika anda curiga atau menduga adanya kelainan pada gula darah maka jangan pernah ragu untuk menghubungi dokter terkait untuk dapat didiagnosa secepat mungkin agar peluang untuk sembuh lebih tinggi.