Efek Buruk Konsumsi Gula Berlebih Bagi Kecantikan

ePortal.web.id – Seringkali kita mendapati kasus kelebihan gula yang berujung pada penyakit diabetes. Selain menyebabkan penyakit berbahaya tersebut dampak berlebihan dalam konsumsi gula juga memengaruhi kecantikan kulit anda. Umumnya belum banyak yang tahu bahwa kelebihan gula bisa memengaruhi kesehatan kulit. Gula memang memiliki rasa yang manis. Makanan yang kaya gula juga sangat lezat dan menggugah selera. namun dibalik itu semua ada bahaya tersendiri jika berlebihan dalam mengonsumsinya.

Efek Buruk Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Kecantikan

Sebelum terlambat ada baiknya untuk membatasi konsumsi gula demi kecantikan kulit anda. anda pun bisa menjaga tubuh dari bahaya diabetes yang notabene adalah penyakit yang sulit disembuhkan dan berpotensi komplikasi. Selain itu menjaga asupan gula juga penting untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Kenali terlebih dulu apa saja efek buruk konsumsi gula berlebih bagi kecantikan yang selengkapnya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

  1. Kulit tampak kering
Baca juga :  Cara Mudah Membuat Masker Untuk Rambut Kering

Gula bersifat menyerap air layaknya garam. Efek buruknya akan menyebabkan kulit menjadi dehidrasi. Efek dehidrasi ini akan membuat kulit tampak kering karena kekurangan cairan. Selain itu lingkar hitam pada mata juga disebabkan berlebihan mengonsumsi gula sehingga terjadi pigmentasi di area tersebut. maka dari itu imbangi konsumsi air putih yang cukup jika anda mengonsumsi makanan manis.

  1. Kulit memerah dan kasar

Walaupun gula memiliki rasa yang lezat namun efek buruknya bisa menyebabkan kulit memerah dan kasar. Hal ini disebabkan adanya ketidakseimbangan tubuh karena konsumsi gula berlebihan. Akibatnya kulit menjadi memerah dan kasar karena terjadinya inflamasi didalam tubuh. iritasi kulit pun tidak terhindarkan dari dampak buruk konsumsi gula.

  1. Penuaan dini
Baca juga :  Jenis Sayur Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Gula memiliki dampak lain bagi tubuh yaitu merusak kolagen dalam kulit. Padahal kolagen berfungsi menjaga kelembapan alami kulit anda. jika kolagen rusak maka efeknya kulit menjadi kering dan keriput. Efeknya terjadi penuaan dini. Gula juga menyebabkan inflamasi sehingga kulit mengalami pembangkakan dan keriput. Efeknya sangat menggangu penampilan anda secara keseluruhan.

  1. Radikal bebas

Siapa sangka kelebihan asupan gula bisa memicu radikal bebas mudah masuk dalam tubuh. makanan yang mengandung gula tinggi sangat mudah menciptakan radikal bebas dalam tubuh. efeknya bisa menyebabkan kerusakan sel tubuh dan menghasilkan penuaan dini. Selain itu radikal bebas bisa menyerang sel tubuh sehingga terjadi peradangan pada kulit anda.

  1. Stress internal dalam tubuh
Baca juga :  Perawatan Rambut Secara Alami

Mengonsumsi gula secara berlebih bisa memicu gula darah naik secara cepat. namun tidak lama ketika insulin dilepaskan akan membuat kadar gula darah turun drastis. Penurunan drastis inilah yang akan membuat stress internal dalam tubuh. efek buruknya selain berpotensi diabetes juga menyebabkan kulit menjadi kusam dan mudah berjerawat.

Walaupun makanan manis memang menggugah selera namun jangan sampai anda berlebihan dalam mengonsumsinya karena dampaknya sangat buruk untuk kecantikan anda. semoga bermanfaat.