Hindari Makanan Ini Membantu Anda Terhindar Dari Resiko Obesitas Saat Hamil

ePortal.web.idDi masa-masa kehamilan memang seyogyanya bagi seorang Ibu hamil mengkonsumsi makanan untuk dua orang yakni untuk dirinya sendiri dan janinnya. Namun ada beberapa kasus Ibu hamil salah mengerti akan hal ini, kebanyakan mereka malah menambah porsi makan bukan memperhatikan nutrisi yang harus dikonsumsi setiap harinya. Nah, jika hal ini dilakukan otomatis Ibu hamil bisa saja mengalami obesitas karena pola makan yang salah. Jika obesitas dialami oleh Ibu hamil maka akan membahayakan janin dan Ibunya, karena janin akan tumbuh dengan sangat besar sehingga terpaksa harus menjalani proses persalinan secara caesar mengingat jalan lahir bayi sempit.

Baca juga : Kenali Tanda Keputihan Saat Hamil

Untuk itu penting bagi Anda untuk mengetahui pola makan yang baik dan tepat bagi kehamilan Anda agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dapat tercukupi setiap harinya serta terhindar dari resiko Obesitas Saat Hamil. Berikut ini diantaranya adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

  1. Hindarilah Konsumsi Sodium Dalam Jumlah Banyak
Baca juga :  Penyebab dan Cara Menurunkan Kolesterol

Tahukah Anda jika tubuh manusia boleh mengkonsumsi garam tidak lebih dari 2300 mg atau bila dalam takaran sama dengan satu sendok teh. Sementara untuk Ibu hamil dengan resiko tinggi dianjurkan mengkonsumsi hanya 1500 mg agar terhindar dari obesitas, diabetes, dan preeklamsia. Jadi apabila Anda menyukai makan makanan dalam kemasan atau kaleng sebaiknya baca komposisi yang ada pada label.

  1. Hindarilah Makanan Dengan Kandungan Gula Yang Sangat Tinggi

Ibu hamil memang boleh makan makanan yang manis, namun apabila konsumsi makanan manis berlebihan maka Anda akan terkena diabetes.

Baca juga :  Tips Mencegah Kemandulan Bagi Wanita

Baca juga : Cara Mengatasi Jerawat Saat Masa Kehamilan

Terlebih Anda jika menyukai makan kentang goreng tepung, mie ayam, atau nasi dalam porsi besar. Jadi konsumsilah dengan porsi yang tepat untuk menambah energi bagi Ibu hamil. Ketahuilah bahwa gula tambahan seperti sirup jagung fruktosa, sirup malth barley, molasses, atau agave nectar sering dijumpai pada makanan kemasan.

  1. Hindarilah Makanan Yang Tinggi Akan Lemak

Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi tentunya apabila dikonsumsi akan menambah berat badan Anda, apalagi jika dalam porsi yang berlebihan. Untuk itu alangkah baiknya untuk sebisa mungkin menjaga keinginan jika ingin menyantap es krim, fast food, dan bakso untuk dikonsumsi secara tidak berlebihan.

Baca juga : Cara Menyamarkan Stretch Mark Pasca Melahirkan Secara Alami

Baca juga :  4 Jenis Makanan Pantangan Yang Dilarang Penderita Batu Ginjal

Demikianlah tadi beberapa tips agar terhindar dari obesitas di masa kehamilan, dengan cara menjaga asupan. Jadi penting untuk menghindari resiko Obesitas Saat Hamil, menjaga berat badan pada periode kehamilan sangatlah mudah dengan tidak mengkonsumsi banyak sodium, karbohidrat, dan lemak dalam porsi yang besar. Sebaiknya, perbanyaklah konsumsi makanan dengan serat tinggi dan harus cukup untuk kebutuhan cairan maupun mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Semoga ulasan informasi diatas dapat menjadi referensi yang bermanfaat !