Inilah Cara Mengetahui Waktu Ovulasi Agar Anda Cepat Hamil

ePortal.web.idKehamilan selalu dinantikan pasangan suami istri yang baru menikah. Namun terkadang kehamilan harus menunggu waktu lama. Hal ini tentu membuat pasangan suami istri mengalam rasa was-was sehingga melakukan pemeriksaan kesehatan pada sistem reproduksi.

Baca juga : Cara Agar Cepat Hamil Pasca Keguguran

Namun sekarang Anda bisa menentukan waktu untuk segera hamil dengan memahami waktu ovulasi, untuk itu kami berbagi informasi dalam mengenali waktu ovulasi. Masa subur menjadi peranan penting bagi Anda yang ingin segera hamil di mana umumnya 14 hari dimulai dari hari pertama haid hingga hari pertama haid yang selanjutnya merupakan waktu ovulasi.

3 Waktu Ovulasi

Ada tiga Cara Mengetahui Waktu Ovulasi, di mana akan ditunjukkan kematangan dan pelepasan sel telur menurut siklus. Rahim siap dalam menerima dan mematangkan embrio juga bisa dihitung melalui siklus ini. Berikut ini siklus yang dapat dikenali agar cepat hamil, yakni :

  1. Siklus Folikular
Baca juga :  5 Obat Herbal Amandel Yang Paling Efektif

Berlangsung dari hari pertama sampai hari ke-13 dimana lubang ovarium akan mengalami proses matang dan memiliki peluang lebih besar untuk sel telur melewati tabung falopi. Hormon merangsang folikel dan kelenjar di bawah otak membuat beberapa folikel di ovarium menjadi dominan. Hormon estrogen dihasilkan dari pertumbuhan folikel yang membuat rahim menjadi lebih mudah dilalui sperma.

  1. Siklus ovulasi

Baca juga : Ketahui Nutrisi Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Hormon LH akan meningkat membuat folikel luruh yang menyebabkan sel telur lepas ke dalam ovarium. Tuba falopi dan fimbria akan membawa sel telur ke dalam tuba falopi yang terkadang terjadi pendarahan ringan berupa flek atau cairan merah saat ovulasi terjadi.

  1. Siklus Luteal
Baca juga :  Makanan Yang Harus Dihindari Supaya Mempercepat Kehamilan

Siklusi ini mulai hari ke-15 sampai ke-28 dimana folikel dalam mendukung produksinya sel telur menjadi basah dan membuat produksi hormon estrogen dan progesteron sehingga membuat rahim menerima embrio implantasi.

Cara Mengetahui Ovulasi Secara Fisik

Berikut ini Cara Mengetahui Waktu Ovulasi yang bisa dikenali secara fisik, yakni :

  • Cairan serviks berubah, jika masa subur terjadi ditandai dengan adanya cairan yang lebih cair dan berwarna bening dalam jumlah yang lebih banyak.
  • Temperatur tubuh akan mengalami peningkatan saat sedang diukur akibat hormon progesteron muncul saat masa ovulasi.
  • Rasa nyaman yang dirasa di perut bagian bawah dimana terkadang muncul rasa nyeri ringan yang berlangsung beberapa menit nantinya akan menjadi masa subur.
Baca juga :  5 Obat Herbal Untuk Telinga Berdenging Yang Murah dan Aman

Baca juga : Jenis Kegiatan Olahraga Bagi Ibu Hamil

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Cara Mengetahui Waktu Ovulasi Agar Anda Cepat Hamil. Mengetahui masa subur dengan melakukan tes ovulasi yang bisa dilakukan di rumah agar dapat diketahui kapan masa subur dengan tingkat akurasi yang lebih besar. Bagi yang memiliki siklus menstruasi yang teratur maka tentunya akan cenderung mudah untuk menentukan masa subur.