Jaga Materialistis Pada Anak, Terapkan Pola Asuh Ini

Sekarang jamannya mengukur kebahagiaan dengan materi, sebenarnya tidak semua kebahagiaan bisa diukur dengan materi. Karena kebahagiaan bisa didapatkan dengan cara lain. Memberi atau menjanjikan barang mewah kepada anak saat ia menangis merupakan cara mendidik yang salah. Mengapa? Karena itu bisa membuatnya tumbuh materialistis. Anak-anak akan memiliki pemikiran bahwa kebahagiaan ini hanya dapat diperoleh dengan banyak hal yang mahal.

Lantas, bagaimana mendidik anak yang baik agar tidak menjadi materialistis? Biar lebih jelas informasinya, yuk simak ulasannya bersama-sama ya bunda!

Berikut beberapa cara mendidik anak untuk menjauhi sifat materialistis:

Tanamkan kebiasaan bersyukur

Ibu, tidakkah Anda ingin anak Anda menjadi materialistis? Salah satu cara menjauhkan anak dari sifat materialistis adalah membiasakan mereka untuk selalu bersyukur. Ajarkan juga bahwa kebahagiaan tidak bisa diukur dengan banyaknya hal yang dimilikinya. Dengan begitu anak akan mengerti bahwa kebahagiaan tidak hanya berupa benda, tetapi masih banyak lagi kebahagiaan lainnya. Kebiasaan bersyukur yang diterapkan ibu pada anak bisa menjauhkannya dari sifat materialistis. Untuk itu, ajarkan kebiasaan ini sejak ia masih kecil.

Baca juga :  Cara Pintar Mendidik Anak Agar Tidak Bandel

Fokus menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak Anda

Ayah dan ibu, daripada Anda bingung membeli hadiah untuk anak-anak. Sebaiknya ajak anak untuk melakukan kegiatan bersama. Seperti, jalan-jalan bersama, bermain di halaman, piknik, bermain di lapangan dan masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan. Dengan hal-hal tersebut, anak akan merasa senang. Secara tidak langsung Anda telah mengajarkan bahwa kebahagiaan bisa didapatkan dengan cara lain, tidak harus dengan banyak barang mahal dan mewah yang Anda miliki.

Baca juga :  Inilah 3 Kecerdasan Ganda Anak yang Perlu Stimulasi

Ajari anak-anak kemurahan hati

Mengajarkan anak bermurah hati hanya dengan bercerita saja masih belum cukup, Anda harus memberikan contoh langsung. Misalnya memberi kue kepada tetangga, memberikan bantuan ke panti asuhan dan masih banyak cara lain yang bisa Anda ajarkan. Dengan contoh-contoh yang Anda berikan secara langsung akan selalu diingat oleh anak. Sehingga akan tumbuh sikap dermawan pada anak Anda.

Baca juga :  Bunda, Ingin Anak Bertata Krama Baik? Ajarkan Ini

Nah itulah beberapa cara menjauhkan anak dari sifat materialistis yang bisa Anda jadikan panduan untuk diterapkan. Semoga informasi yang telah kami berikan di atas tentang cara menjauhkan anak dari sifat materialistis bermanfaat.