Kandungan Nutrisi dan Manfaat Konsumsi Tahu

Tahu, tentunya masyarakat di Indonesia sudah sangat akrab dengan jenis makanan yang satu ini, tahu sendiri merupakan salah satu makanan hasil olahan dari kacang kedelai. Jenis makanan yang satu ini diyakini berasal dari daratan China dan telah dibuat sejak berabad – abad yang lalu, makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini kemudian menyebar dan menjadi sangat populer di negara – negara Asia lainnya seperti di Jepang, Taiwan, Thailand, Malaysia, hingga Indonesia.

Tahu sendiri sangat populer untuk dijadikan sebagai bahan makanan dan diolah menjadi berbagai macam masakan dengan rasa yang lezat. Selain rasanya yang lezat, ternyata tahu juga tergolong ke dalam salah satu jenis makanan andalan untuk perbaikan gizi. Hal tersebut dikarenakan tahu memiliki mutu protein nabati yang sangat baik, selain itu tahu juga memiliki kandungan berbagai macam nutrisi lainnya yang tentu saja akan sangat baik bagi kesehatan, berikut ini akan kami ulas beberapa kandungan nutrisi dan manfaat dari tahu.

Baca juga :  Hal Yang Penting Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Konsumsi Tahu

Mencegah Penyakit Jantung

Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh dan rendah kolesterol sehingga menjadikan tahu sangatlah baik untuk membantu memerangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Hal ini tentu saja akan mampu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah sehingga secara otomatis akan mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.

Mengurangi Resiko Kanker

Tahu yang dikonsumsi secara rutin ternyata juga bisa mengurangi resiko terjadinya kanker, perlu Anda ketahui bahwa tahu memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan isoflavon yang mana merupakan senyawa umum yang biasa terdapat pada makanan dengan olahan kedelai. Jenis senyawa yang satu ini akan berperan penting untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Baca juga :  Cara Cepat Dab Mudah Mengatasi Anak Demam Tinggi

Sumber Protein Nabati

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa tahu merupakan salah satu jenis makanan yang sangat kaya akan kandungan protein nabati yang mana sangat diperlukan oleh setiap manusia. Tahu sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang menjadi sumber protein nabati bagi para vegetarian untuk menggantikan daging karena vegetarian juga membutuhkan asupan protein.

Mencegah Anemia

Tahu merupakan bahan makanan yang berasal dari olahan kedelai yang ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, zat besi ini akan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah sehingga akan bisa mencegah dan juga mengatasi anemia. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi tahu secara rutin akan terhindar dari anemia.

Baca juga :  Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Sumber Kalsium

Selain kaya akan kandungan protein nabati, ternyata tahu juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, seperti yang Anda ketahui bahwa kalsium memiliki peran yang sangat penting bagi pembentukan sel – sel tulang. Apabila Anda mengkonsumsi tahu secara rutin maka akan bisa membuat Anda terhindar dari pengeroposan tulang dan juga mencegah berbagai penyakit tulang lainnya.

Tahu merupakan salah satu makanan hasil olahan kedelai yang sangat populer di Indonesia karena kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.