Kenali Perkembangan Usia Kandungan Janin 2 Bulan

ePortal.web.id – Mengandung usia janin 2 bulan memang harus selalu memastikan diagnosa kondisi janin kepada dokter kandungan. Pasalnya janin dapat dideteksi melalui USG untuk  mengetahui pergerakan janin di dalam kandungan si ibu. Biasanya tubuh mulai bergerak secara tak teratur hingga 60 kali dalam sejam. Hal ini terbilang belum maksimal karena usia janin 2 bulan masih cukup muda.

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan Dalam Kandungan

Namun perlu ibu hamil ketahui bahwa pada minggu-minggu ini, bagian perut dan rongga dada sudah terpisah. Bahkan jaringan kulit, kelejar keringat, hingga kelenjar minyak mulai terbentuk secara signifikan. Bisa dikatakan hampir seluruh organ internal janin sudah terbentuk. Untuk selengkapnya, berikut perkembangan janin usia 2 bulan dalam kandungan

  1. Perkembangan Janin Minggu ke-5

Ketika janin mengalami perkembangan janin minggu ke-5, kemungkinan besar janin sudah sebesar biji apel atau biasa disebut dengan embrio. Akan tetapi, bayi sudah memiliki detak jantung sendiri. Dimana plasenta dan tali pusat juga sudah bekerja sepenuhnya. Bahkan sudah mulai terbentuk benjolan tangan dan kaki janin yang bisa dilihat melalui USG. Sementara itu, pembentukan telinga semakin sempurna berkat adanya duktus endolimfatikus, yakni saluran untuk menyalurkan cairan yang ada pada selaput labirin telinga dalam. Hal serupa juga diberikan pada sistem pencernaan dengan membelah usus besar dan usus buntu yang semakin nyata.

  1. Perkembangan Janin Minggu ke-6
Baca juga :  Jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Ibu Hamil

Pada saat janin mulai membentuk embrio maka di minggu ini sudah terlihat seperti berudu. Dimana bisa dikenali antara kepala, ekor, tangan, dan anggota badan masih berbentuk tunas atau benjolan. Namun ada hal yang mesti diperhatikan karena di minggu ke-6, telah terjadi pembentukan awal hati, pankreas, paru-paru, hingga kelenjar tiroid. Pembuluh nadi di bagian kepala akan semakin jelas dengan terbagi-bagi berdasarkan tugasnya masing-masing. Begitu pula struktur mata mulai terbentuk meskipun masih berjauhan letaknya. Bahkan ruas bagian tulang belakang telah terbentuk walaupun terlihat samar.

  1. Perkembangan Janin Minggu ke-7
Baca juga :  Inilah Pentingnya Kebutuhan Karbohidrat Saat Hamil

Selanjutnya pada minggu ke-7 embrio sudah berukuran sekitar 11-17 mm. Bahkan organ jantung sudah mulai terbentuk sempurna. Bagian saraf dan otot juga bekerja secara bersamaan untuk pertama kalinya. Karena itulah, janin memiliki refleks dan bergerak spontan, namun ibu hamil belum bisa merasakannya. Pada akhir minggu ini, sistem otak juga akan terbentuk lengkap. Kini tunas tangan lebih cepat tumbuh daripada tunas kaki. Meski telapak kaki masih terlihat rata. pemisahan jari jemari pada kakinya akan terlihat samar.

  1. Perkembangan Janin Minggu ke-8
Baca juga :  Bisakah Hamil Setelah Program KB ?

Satu lagi minggu ke-8 yang memungkinkan embrio terbentuk sempurna hingga panjang 30 mm. Alhasil bagian kepala janin telah membulat dan wajah polos mulai terbentuk nyata, bahkan area antara dahi dan pangkal hidung sudah mulai mengarah ke dalam. Sementara lengan, kaki, tangan, dan bahu sudah terbagi rata. Begitu pula pada organ reproduksi yang mulai terbentuk dengan kartilago dan tulang. Di bagian telinga luar rupanya sudah terbentuk sempurna dan mata membentuk pigmen. Sementara jaringan saraf terhubung dengan lobi penciuman yang ada di otak

Nah itulah beberapa ulasan singkatnya. Semoga bermanfaat.