Kenali Tanda Keputihan Saat Hamil

ePortal.web.idKeputihan, memang erat kaitannya dengan wanita, dan menjadi salah satu fase yang terbilang normal dialami, apalagi ketika menjelang fase menstruasi. Keputihan ini sendiri, juga bisa menjadi salah satu yang bisa menandakan seseorang berada dalam fase subur atau tidak. Namun, bagaimana yang terjadi adalah keputihan yang dialami ketika kehamilan. Tentunya menjadi salah satu hal yang mestinya perlu diwaspadai. Keputihan yang terlalu banyak keluar ini sendiri, tentunya mesti anda waspadi dan kenali gejalanya.

Tanda Keputihan Saat Hamil

Ada banyak gejala yang bisa anda kenali untuk tanda keputihan pada fase kehamilan. Tentunya berbeda dengan keputihan diluar kehamilan, yang bisa menjadi pertanda dari akan datangnya fase menstruasi. Ada beberapa jenis keputihan yang bisa terjadi selama kehamilan, dengan beberapa gejalanya yang berbeda satu dengan lainnya. Tentunya sangat penting untuk anda kenali satu demi satu. Dan berikut ini, merupakan beberapa tanda dan gejala keputihan saat hamil, yang bisa anda ketahui.

  1. Kandidosis vulvovaginal
Baca juga :  Jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Ibu Hamil

Hal yang satu ini, bisa terjadi disebabkan karena adanya pertumbuhan sel jamur yang berlebih pada masa kehamilan. Kandidosis vulvovaginal ini sendiri, terjadi karena beberapa sebab. Seperti misalnya kehamilan, pemakaian alar kontrasepsi, dan lainnya. Penyakit – penyakit yang menurunkan kekebalan tubuh, juga bisa menjadi penyebab keputihan yang satu ini. gejalanya sendiri, bisa berupa cairan kental, dan tajam, dengan disertai bau dan rasa gatal berlebih. Ibu hamil akan merasakan nyeri berlebih pada saat berhubungan.

  1. Vaginosis bakterialis

Selanjutnya adalah vaginosis bakterialis, yang mana merupakan salah satu gejala selanjutnya yang mana terdapat perubaham ekosistem pada area genital anda. hal ini bisa ditandai dengan adanya pertumbuhan berlebihan dari mikroorganisme dalam area kewanitaan dalam jumlah yang tinggi, dan perempuan hamil memiliki resiko yang tinggi hingga 24 persen terserang gejala keputihan yang satu ini. hal ini, bisa ditandai langsung dengan adanya cairan yang kental, dan berbau tajam, dan rasa gatal berlebih jika sudah dalam tahapan yang parah.

  1. Trikomoniasis
Baca juga :  Kenali Perkembangan Usia Kandungan Janin 2 Bulan

Selanjutnya adalah trikomoniasis, yang aman merupakan salah satu keputihan yang bisa terjadi pada ibu hamil, dengan gejala area genital menjadi lebih terasa panas, dan gatal serta nyeri berlebihan pada area vagina. Bercak atau perdarahan bisa terjadi ketika sedang bersenggama, dan mengeluarkan cairan berbuih dengan warha putih keabuan. Kondisi terparahnya sendiri, bisa menyebabkan kemerahan dan peradangan pada area vagina hingga leher rahim.

  1. Jumlah cairan yang keluar terlalu banyak

Salah satu jenis keputihan yang satu ini, mengeluarkan gejala dimana cairan yang keluar dari organ reproduksi anda terlalu banyak, dan menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini bisa menyebabkan rasa gatal dan juga bisa menjadi salah satu alarm dan sinyal berbahaya, dimana bisa menjadi pertanda kesehatan organ reproduksi anda bisa terganggu, karena keputihan berlebih ini dengan jumlah cairan yang keluar terlalu banyak.

Baca juga :  Manfaat Madu Bagi Wanita Hamil Yang Jarang Diketahui

Demikian beberapa tanda keputihan yang bisa menjadi pertanda dari kehamilan. Tentunya diiringi dengan beberapa pertanda lainnya, dan disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan anda, jika keputihan yang terjadi terbilang parah.