Mengenal Jenis Penyakit Anak Usia 1 – 5 Tahun

ePortal.web.id – Usia 1-5 tahun merupakan fase dimana perkembangan tubuh dan jaringannya begitu pesat. Hal ini juga mesti dibarengi sikap waspada orangtua dengan beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang usia tersebut. penyakit anak di usia 1-5 tahun kebanyakan menyerang sistem imun. Pada fase ini sistem imun memang sedang dalam perkembangan. Jenis penyakit seperti flu, diare, cacar, campak, dsb merupakan penyakit yang kerap terjadi pada usia tersebut. sebagai orangtua anda mesti tahu beberapa jenis penyakit ini.

Hal ini berguna agar kita selalu waspada dan tahu bagaimana gejalanya. Selain itu penyakit anak di usia 1-5 tahun ini perlu disembuhkan secara optimal agar nantinya tidak kembali menyerang di fase selanjutnya. Beberapa jenis penyakit juga ada yang menyerang kalangan dewasa. Namun efeknya lebih besar ke anak-anak jika anda salah atau terlambat dalam penanganan. Berikut beberapa jenis penyakit anak usia 1-5 tahun yang bisa kita ketahui.

Baca juga :  Berbagai Cara Agar Cepat Hamil Lagi Setelah Keguguran

Berbagai Penyakit Anak Usia 1 – 5 Tahun

  1. Flu

Tidak hanya pada orang dewasa, flu juga kerap dialami anak-anak di usia 1-5 tahun. Gejalanya antara lain seperti hidung berair, tersumbat, batuk dan demam. Penyakit satu ini disebabkan karena bakteri dan virus. Untuk meringankan gejala flu pada balita orangtua bisa memberikan obat tetes hidung atau menyedot cairan pada hidung anak dengan alat khusus. Hal ini beguna untuk mengeluarkan cairan yang membuat nafas anak tersumbat.

  1. Diare

Diare disebabkna karena infeksi bakeri dan virus. Selain itu faktor alergi pada obat dan makanan tertentu juga bisa menjadi penyebabnya. Frekuensi BAB yang lebih sering dan feses lebih encer berarti balita mengalami diare. Cukupi asupan nutrisi anak agar buah hati tidak mengalami dehidrasi. Jika tidk kunjung baik kurun waktu 24 jam, sebaiknya langsung bawa anak ke dokter.

  1. Campak
Baca juga :  5 Obat Kutil Terbukti Paling Ampuh Bisa Dibeli Di Apotik

Gejala terinfeksinya virus campak pada balita ditandai dengan bercak merah pada seluruh tubuh. bercak tersebut dibarengi dengan demam tinggi serta diare. Jika bercak merah sudah keluar seluruhnya maka demam akan berangsur turun. Memberikan obat penurun panas untuk menstabilkan demam menjadi pertolongan pertama. Jika tidak kunjung membaik maka segera bawa buah hati ke dokter.

  1. Kejang

Penyebab kejang yang sebenarnya memang belum diketahui sepenuhnya. Namun kejang biasanya berhubungan dengan demam tinggi atau epilepsi. Faktor genetik juga berpengaruh menjadi penyebab utama kejang. Sebaiknya tetap tenang jika anak mengalami kejang. Jangan menahan gerakan kejang dan hindari memberi obat apapun ke dalam mulut anak saat kejang. Langsung bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

  1. Demam
Baca juga :  5 Manfaat Buah Nangka, Cegah Penyakit Jantung Hingga Sembelit

Penyebab demam bermacam-macam. Kelelahan, tumbuh gigi, respon imunisasi, infeksi virus, dsb merupakan penyebab balita mengalami demam. Berikan obat penurun demam dan usahakan untuk menurunkan panasnya terlebih dulu. Jika balita mengalami riwayat kejang maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat serta menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa jenis penyakit yang umumnya dialami anak usia 1-5 tahun. semoga bermanfaat dan membuat anda semakin membuat anda waspada.