Menghindari Nyeri Otot Saat Berolahraga

ePortal.web.id – Setelah melakukan olahraga biasanya tubuh akan serinkali mengalami nyeri otot. Sebenarnya keadaan seperti ini wajar karena aktifitas yang cukup berat disebabkan oleh trauma pada serat otot. Namun anda tak perlu khawatir, karena hal tersebut bukan merupakan suatu kerusakan permaen pada otot. Justru nyeri otot merupakan bentuk adaptasi otot terhadap latihan yang telah dilakukan, dan akan kerap terjadi saat memulai kebiasaan olahraga yang baru.

Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Menghilangkan rasa nyeri bukan berarti otot di dalam tubuh sudah kembali pulih seutuhnya. Kuncinya adalah hanya membantu proses pemulihan otot dan mengambil langkah tepat untuk mengurangi nyeri. Untuk itu, pemanasan sebelum olahraga dapat membantu mencegah sakit otot. Agar cepat pulih cobalah menghindari olahraga yang terlalu berat, dan ikuti tips di bawah ini agar terhindar dari nyeri otot setelah berolahraga.

Baca juga :  Solusi Untuk Menyembuhkan Cacingan Pada Anak

1.Melakukan Pemiijatan

Melakukan pemijatan terhadap otot yang sakit dapat membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan kelancaran pada peredaran darah. Apabila otot di tubuh melakukannya secara terus menerus, pada akhirnya akan membentuk nyeri otot DOMS. Dimana Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) ini merupakan sesuatu yang biasa terjadi pada seseorang yang baru memulai suatu program latihan, mengubah rutinitas latihan, atau meningkatkan intensitas rutin. DOMS tersebut dapat dicegah dengan memulai gerakan latihan baru secara bertahap.

  1. Melakukan Peregangan

Nyeri otot umumnya akan mulai terasa setelah satu atau dua hari berolahraga dan dapat dialami siapapun tanpa memandang usia. Ketika nyeri otot sedang dalam masa pemulihan, otot menjadi tegang dan memperburuk rasa nyeri yang ada. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan peregangan secara perlahan di bagian yang terasa nyeri. Hal ini akan dapat mengurangi ketegangan otot sekaligus meredakan rasa sakit secara berlebihan.

  1. Mengkompres Air Panas dan Dingin
Baca juga :  Berbagai Cara Agar Bisa Mendapatkan Bayi Kembar

Jika otot-otot tubuh dilatih sedemikain kerasnya atau dengan cara yang sedikit berbeda, maka bisa terjadi kerusakan mikroskopis pada serat otot. Inilah yang menimbulkan otot menjadi nyeri dan kaku. Untuk itu, tempelkan kompres es selama 15 menit lalu diikuti dengan melakukan kompres air panas selama 15 menit dan ulangi secara terus menerus. Perpaduan kompres dingin dan panas dapat melancarkan sirkulasi darah dan menyembuhkan otot yang terluka.

  1. Mandi Air Hangat

Sebetulnya metode penyembuhan nyeri otot dengan mandi air hangat sama konsepnya dengan pijatan. Air hangat dapat meregangkan otot-otot yang sedang tegang akibat meningkatnya sirkulasi darah. Pasalnya mempunyai sirkulasi darah yang lancar akan lebih banyak oksigen dan nutrisi untuk diedarkan ke bagian otot, sehingga mempercepat proses pemulihan nyeri otot.

  1. Penuhi Kebutuhan Konsumsi Air
Baca juga :  6 Khasiat Daun Dewa Terbukti Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kekurangan air atau dehidrasi akan menghambat jaringan otot untuk tahap pemulihan. Oleh karena itu, membutuhkan jumlah air yang cukup agar dapat mempercepat proses pertumbuhan. Setidaknya cukupi kebutuhan air minum harian sekitar 2,5 liter perhari jika masih mengalami nyeri otot setelah berolahraga.

Saat anda mengalami nyeri otot, hindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol dan garam seperti daging dan makanan yang diasinkan. Sebagai gantinya, cobalah beberapa bahan makanan sayur dan buah.