Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

ePortal.web.id – Salah satu bagian yang terpenting bagi tubuh dan kecantikan seorang wanita adalah rambutnya. Itulah sebabnya pada kesempatan ini ingin memberikan beberapa ilmu dan tips soal Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok, apa yang harus dilakukan dan bagaimana merawatnya agar tak kembali lagi kami kira merupakan hal yang penting untuk dipelajari agar mahkota pemberian Tuhan tersebut dapat tumbuh subur dan tampil lebih sehat dari sebelumnya.

Siapa yang tidak ingin bisa tampil percaya diri dengan rambut yang hitam, lebat dan bebas rontok ? kita semua pasti menginginkannya bukan? Tapi, nanti dulu! Kenyataanya tidak sedikit orang yang mengalami masalah dengan yang namanya rambut rontok ini.

Kerontokan rambut adalah hal yang biasa apabila rontoknya hanya 50-100 helai rambut per hari, namun apabila rambut yang rontok sudah mencapai  lebih dari 100 helai per hari, maka hal itu perlu diwaspadai.

Yang jadi pertanyaan sekarang, sebenarnya apa penyebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya, banyak sekali hal yang dapat menyebabkan rambut menjadi rusak dan rontok. Diantara hal-hal yang dapat menyebabkan kerontokan pada kulit kepala adalah berikut ini:

Penyebab Rambut Rontok

  1. Faktor genetic

Salah satu penyebab rambut rontok adalah factor genetik. gen bisa diturunkan dari orang tua, baik ibu maupun ayah. Pada umumnya, kondisi ini terjadi pada awal usia 20 tahunan dan proses terjadinya begitu lambat. Kerontokan rambut akibat factor genetic ini sangat sulit untuk dicegah atau ditangani. Penyakit kerontokan rambut akibat akibat dari faktor genetik ini sering disebut dengan androgenetic alopecia.

  1. Terlalu kasar menggosok kepala ketika berkeramas
Baca juga :  Berbagai Tips Agar Rambut Tetap Sehat Dan Berkilau

Ketika berkeramas, sebaiknya Anda memperlakukan kulit kepala dengan lembut dan jangan menyisirnya sebab hal ini akan menyakiti kulit kepala dan membuat folikel rambut menjadi rusak.

  1. Terlalu sering merokok

Berdasarkan penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Dermatology menyatakan bahwa, selain menyebabkan penyakit kanker dan kerusakan pada organ jantung, merokok juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Hal ini karena kandungan zat kimia yang ada pada rokok, terutama nikotin dan karbon monoksida. Nikotin bisa menyebabkan pembuluh darah mengerut sehingga mempersulit untuk memompa darah dari arteri sedangkan karbon monoksida dapat menghambat kapasitas darah untuk membawa oksigen dan mengeluarkan racun. Kedua faktor di atas dapat mempengaruhi folikel rambut yang dapat  menyebabkan rambut menjadi rontok.

  1. Kurangnya tingkat asupan zat besi

Kurangnya tingkat asupan zat besi juga bisa membuat rambut menjadi rontok, mengapa demikian? Hal ini karena zat besi merupakan nutrisi yang sangat berperan penting dalam oksigenasi akar rambut. Untuk mengurangi rambut rontok, sebaiknya kita perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti, daging, kacang-kacangan, ikan,  lentil,  sereal, biji-bijian,  roti, buah-buahan kering dan sayuran berdaun hijau.

  1. Kulit Kepala Tidak Sehat

Kulit kepala yang tidak sehat sebenarnya adalah penyebab utama masalah rambut rontok dan ketombe. Selain itu juga mengakibatkan rambut sulit untuk tumbuh. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan shampoo yang cocok, perawatan kulit kepala, meminum obat anti jamur dan sebagainya.

  1. Terlalu sering mewarnai rambut
Baca juga :  Masker Wajah Alami Untuk Kulit Berminyak

Terdapat beberapa fakta  yang membuktikan bahwa penggunakan pewarna rambut secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan kerontokan rambut  serta merusak folikel rambut.

  1. Anemia

Selain mengakibatkan kepanikan, sakit kepala, penurunan suhu tangan dan kai, susah berkonsentrasi, kulit pucat, anemia juga dapat mengakibatkan kerontokan. Untuk mengurangi gejala anemia  ini maka dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran hijau, sereal, kacang-kacangan dan daging sapi.

  1. Pemakaian bahan kimia berlebihan

Hindari membersihkan kepala dengan menggunakan bahan-bahan kimia secara berlebihan, sebab hal ini bisa melemahkan rambut sehingga rambut menjadi rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Dari uraian di atas telah di jelaskan beberapa penyebab rambut rontok. Kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu berikut ini saya sajikan beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok:

  1. Lidah buaya

Kalian semua pasti sudah kenal dengan tanaman yang satu ini bukan? Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, lidah buaya juga sudah dipercaya sejak lama berkhasiat untuk kesehatan rambut. Tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini ternyata memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang berkhasiat menyuburkan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala. Cara menggunakannya adalah pertama-tama, siapkan beberapa helai lidah buaya, kemudian ambil lendirnya lalu usapkan  pada rambut di setiap kali Anda keramas sambil dipijit-pijit. Diamkan selama10-15 menit dan bilas hingga benar-benar bersih.

  1. Madu
Baca juga :  Tips Menghilangkan Jerawat Dan Komedo

Tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, madu juga berkhasiat menyuburkan dan menjadikan rambut lebih kuat. Caranya,.Campurkan  minyak zaitun dan madu dalam jumlah yang sama kemudian, oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala lau tutup kepala menggunakan handuk hangat selama 15-30 menit  kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin.

  1. Alpukat

Selain rasanya yang lezat, buah yang satu ini juga berkhasiat menjaga kesehatan kulit kepala, karena banyak memiliki kandungan nutrisi dan asam lemak.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama lumatkan alpukat aduk sampai bertekstur kental kedalam wadah.

Selanjutnya, usapkan adonan alpukat yang sudah dibuat tadi pada rambut secara menyeluruh mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama beberapa menit lalu  bilas dan bersihkan dengan menggunakan shampoo.

  1. Teh hijau

Kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau bermanfaat untuk mengurangi rambut yang rontok, menjaga kesehatan rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan menyeduh teh menggunakan air panas. Setelah itu, endapkan selama kurang lebih 12 jam. Setelah diendapkan selama 12 jam,air teh akan menjadi basi, teh yang basi itulah yang akan digunakan dengan cara di gosok-gosokkan ke permukaan kulit kepala. Lakukan dua kali seminggu secara rutin sebelum keramas.