Perkembangan Usia Janin 1 Sampai 7 Bulan

ePortal.web.idKetika sedang mengandung, salah satu hal wajib dan penting dilakukan adalah memantau perkembangan yang dialami oleh buah hati anda, karena setiap fase yang dilalui dari usia kehamilan 1 hingga 9 bulan, janin memiliki perkembangan tubuh, dan bagian organ lainnya secara signifikan, dan memerlukan pemantauan dari anda selaku orangtua. Pemantauan perkembangan janin ini sendiri, amat penting dilakukan, guna mengetahui kondisi kesehatan buah hati anda, apakah normal atau mengalami gangguan.

Fase Perkembangan Janin 1 Sampai 7 Bulan

Biasanya, ibu hamil rutin melakukan proses USG , demi melihat perkembangan janin yang dikandungnya. Pada fase usia kehamilan 1 hingga 7 bulan, merupakan fase – fase dimana janin mengalami perkembangan ajaib mulai dari sel telur, hingga berubah menjadi sosok bayi, dengan organ tubuh yang tumbuh lengkap. Nah, apa sajakah fase perkembangan bayi, yang terjadi pada usia 1 hingga 7 bulan, dan bisa menjadi acuan anda untuk memantau perkembangan janin, berikut merupakan ulasan lengkapnya.

  1. Fase 1 Bulan
Baca juga :  Masalah Kesehatan Yang Biasa Dialami Wanita Hamil

Pada fase ini, mulai terbentuk kantung kehamilan, yang mana nantinya akan berfungsi sebagai pelindung janin dan penyalur nutrisi dari ibu kepada janin. Pada fase kehamilan yang satu ini, ada baiknya ibu hamil disarankan mengkonsumsi bauh secara lebih cukup, agar nantinya perkembangan lapisan pelindung janin bisa lebih kuat.

  1. Fase 2 Bulan

Selanjutnya adalah memasuki fase kehamilan usia dua bulan, dimana fase yang satu ini, wajah bayi sudah mulai terlihat berkembang, dimana lipatan telinga, hingga bagian bakal tangan srta kaki, sudah mulai nampak. Sistem syaraf, pencernaan, hingga tulang belakang, sudah mulai dalam proses pembentukan.

  1. Fase 3 Bulan

Memasuki fase usia 3 bulan, hal menakjubkan bisa anda dapati, yaitu tangan bayi sudah mulai bisa mengepal, dan sudah nampak tumbuh kuku pada area tangan dan kakinya. Bentuk tubuh sudah mulai nampak sempurna, dan ketika proses USG, maka anda sudah mulai bisa memeriksa jenis kelamin janin yang anda kandung. Organ lain seperti empedu, kandung kemih, sudah mulai bekerja.

  1. Fase 4 Bulan
Baca juga :  Ketahui Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Fase berikutnya adalah fase memasuki usia kandungan 4 bulan, dimana ketika dilakukan pemeriksaan, maka wajah, tangan, kaki dan jari jemari sudah nampak lebih jelas, dan bayi sudah bisa lebih aktif, dan bergerak. Ia bisa menghisap jarinya sendiri, mengubah ekspresi wajahnya, dan juga sudah mulai aktif untuk bergerak didalam rahim ibunya.

  1. Fase 5 Bulan

Yang selanjutnya adalah fase kehamilan memasuki usia 5 bulan, dimana janin sudah mulai terasa kencang gerakannya, dan bagian kepala sudah mulai tumbuh rambut halus. Pada area kulit, mulai tertutupi lapisan putih yang berfungsi mencegah janin terpapar air ketubah, ketika proses persalinan tiba nantinya. Pada fase yang satu ini, tangan, kaki dan lainnya sudah tumbuh secara sempurna.

  1. Fase 6 Bulan

Pada fase usia kehamilan 6 bulan ini, anda bisa melihat janin sudah mulai bisa membuka dan menutup kelopak matanya secara baik. organ pendengarannya sudah mulai bekerja secara baik, dimana ia bisa mendengar suara dari luar perut dan disarankan, untuk ibu hamil mengajak komunikasi dengan janin, agar kecerdasannya bisa terangsang dari kecil.

  1. Fase 7 Bulan
Baca juga :  Ketahui Manfaat Sayur Asparagus Bagi Ibu Hamil

Nah, fase selanjutnya adalah fase kehamilan 7 bulan, dimana bayi sudah mulai bisa merespon suara dari luar, dan bisa merasakan adanya cahaya dari luar. Tubuh bayi sudah mulai membesar, dan ibu hamil bisa merasakan pergantian posisi pada tubuh janin. Selain itu, tubuh janin yang anda kandung, sudah sempurna, dan mulai bisa menyimpan lemak.

Nah, itulah ulasan tentang perkembangan janin dari usia 1 hingga 7 bulan, yang tentunya bisa menjadi tambahan informasi dan acuan pengetahuan anda mengenai perkembangan janin yang anda kandung.