Tips Menjaga Tubuh Agar Terhindar Dehidrasi Bagi Ibu Hamil

ePortal.web.id – Air memang selalu dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Begitu pula bagi ibu hamil yang senantiasa membutuhkan asupan cairan di dalam tubuh. Keberadaan air akan membantu tubuh menghadapi berbagai masalah dan rasa tidak nyaman selama masa kehamilan. Apalagi air mampu menjauhkan ibu hamil dari risiko terkena tekanan darah tinggi dan kardiovaskular.

Pentingnya Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi Dimasa Kehamilan

Perlu diketahui bahwa pada saat hamil, volume darah di dalam tubuh terus menerus meningkat dan ketika itu pula usia kandungan akan mencapai delapan minggu pembuluh darah yang menipis. Hal seperti inilah yang mengharuskan ibu hamil mengonsumsi 2 liter air di setiap harinya, atau tergantung banyaknya aktifitas. Nah, berikut tips bagaimana pentingnya menjaga tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan air di masa kehamilan.

  1. Tips  Pertama

Pada kondisi norma, tubuh akan membutuhkan air sebanyak 8 gelas per hari bahkan lebih. Jika semakin besar berat tubuh dan semakin tinggi suhu udara, kemungkinkan besar banyak pula jumlah air yang dibutuhkan dalam tubuh. Mungkin bagi ibu hamil yang bekerja di ruangan ber-AC akan membutuhkan jumlah air lebih banyak setiap hari. Tak hanya itu, kebutuhan air sepanjang masa kehamilan berlangsung hingga proses menyusui bayi terus meningkat. Apalagi jika ibu yang sedang menyusui harus konsumsi air lebih banyak guna memenuhi gizi bayi yang disalurkan melalui ASI.

  1. Tips Kedua
Baca juga :  Kenali Penyebab Utama Penyakit Jantung

Mencukupi air tidak hanya ibu hamil sedang mearsa haus, akan tetapi perlu mengaturnya agar tubuh tetap terhidrasi. Namun lebih dianjurkan untuk mengonsumsi minum air putih karena mampu membantu dalam menjaga kesehatan ginjal. Jika ibu hamil yang kerap mengalami mual, maka minum air putuh yang ditambahkan dengan sari buah dapat mengatasi hal tersebut. Tetapi perlu melakukan konsultasikan dengan dokter apabila anda mengalami mual selama minum air putih.

  1. Tips Ketiga
Baca juga :  Penyebab Sering Terjadinya Kejang Pada Anak

Apabila ibu hamil mengalami gejala seperti pusing,lelah,lemah dan sakit kepala akibat kekurangan cairan, sebaiknya gunakan infus untuk dapat mengganti cairan serta elektrolit yang hilang. Pastikan saat ibu hamil minum larutan elektrolit, maka perlu konsultasi dengan dokter kandungan guna mengetahui manfaat dan efek samping. Pencegahan untuk tetap terhidrasi sangat mudah sekali dilakukan akan tetapi banyak yang mengabaikan.

  1. Tips Keempat

Sebaiknya berikan asupan air tambahan pada saat ibu hamil sedang beraktifitas di luar ruangan, semisal berolahraga atau berpergian. Perhatikan pula minuman yang kurangsehat seperti soda,kafein, dan jus buah olahan yang mengandung bahan tertentu, sehingga mengakibatkan zat diuretik. Bawalah botol minum untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh agar tidak terkena dehidrasi.

  1. Tips Kelima
Baca juga :  Cara Mengobati Ambeyen Secara Tradisional Dengan Mudah

Penyebab umum wanita hamil mengalami kelelahan adalah dehidrasi.  Menjaga tubuh tetap terhidrasi yang sehat dan terhindar dari stres, cukupi dengan air minum setiap harinya. Pasalnaya tubuh ibu hamil yang mengalami dehidrasi selama kehamilan akan memicu permasalah selama kehamilan. Kondisi semacam ini bisa mengalami kekurangan cairan ringan dan akut hingga bisa membuat jumlah cairan ketuban sangat sedikit.